Nasi Godog Kambing Penghilang Rasa Pusing

April 14, 2024
Minggu, 14 April 2024


 Nasi Godog Kambing Sowet. Foto: Yani

GUGAT news.com SOLO.

Boleh jadi, kulineran serba daging kambing di warung sate Sowet yang ada di Kidul Pasar Jongke atau tepatnya Kampung Bratan, Pajang, ini cukup unik dan menarik. Setidaknya bagi yang takut mengkonsumsi daging kambing bisa sedikit bernafas lega. Nasi Godog Kambing, alternatif penyuka kambing yang takut akan kepala menjadi pusing dan kolesterol.

"Daging kambing, sebenarnya tidak menjadikan kolesterol dan kepala pening. Malahan daging kambing bagus dikonsumsi, yang menjadikan pening dan kolesterol adalah santannya. Malahan daging kambing bisa menjadikan fresh stamina pria, tubuh serasa hangat dan kuat untuk beraktivitas,"gurau Sowet.

Sehingga di warung sate kambing nya, ada menu yang cukup istimewa dan tidak ditulis besar besaran di MMT nya. Cukup Sate, Tongseng, Gulai dan Tengkleng. Khusus untuk menu nasi godong kambing, kalau tidak ada yang pesan, cukup hanya ditawarkan secara liriih saja, jika juga ada menu istimewa untuk stamina pria. Nasi godong kambing.

Memang tidak semua pengunjung setia penyuka kuliner daging kambing, faham dengan menu Nasi Godog Kambing ala Sowet itu. Pasalnya, nasi Godog Kambing ini dahulunya merupakan makanan favorit dari mereka para pekerja buruh kasar, pembatik di Kampoeng Batik Laweyan. Baik itu pembatik wanita apalagi pria.

Bukan tanpa alasan, begitu seharian dari pagi hari hingga siang tenaga yang sudah terkuras habis dengan membatik serta ngecap yang selalu hidung menghirup hawa panas malam, lilin menjadikan kembali fresh, segar bugar manakala selesai mengkonsumsi Nasi Godog Kambing. "Saya suka sekali nasi Godog Kambing, meski saya juragan batik," ujar Roni.

Ditegaskan Roni, sebenarnya menu Nasi Godog Kambing itu bukan hanya populer di kalangan buruh pabrik saja, khususnya pembatik di Kampoeng Batik Laweyan. Banyak juga juragan batik atau penyuka kuliner daging kambing suka Nasi Godog Kambing. Menjadi populer bagi pekerja batik khususnya di Laweyan, mungkin murah dan enak.

"Daging kambing nya sedikit, nasi putih yang digodok, direbus banyak sekali. Mungkin ini yang jadi kesukaan pekerja batik di Laweyan, baik mbok maupun pak bapak. Sepertinya, nasi Godog Kambing itu pun hanya ada di sekitar Kampoeng Batik Laweyan, Pajang, Sondakan dan Bumi. Maregi dan murah, mengenyangkan dan murah, enak lagi ada masakan daging kambing," pungkas Roni tersenyum. # Vin

Thanks for reading Nasi Godog Kambing Penghilang Rasa Pusing | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS