Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo Lakukan Ritual Tolak Balak

Maret 26, 2020
Kamis, 26 Maret 2020
Di depan rumah dinas Loji Gandrung, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo menunaikan ritual tolak Balak dengan cara mencukur gundul rambut kepalanya. Foto : Humas Pemkot Solo.
-----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta. Untuk mencegah Virus Corona (Covid-19) yang kali ini terus merambah di berbagai belahan dunia, tanpa kecuali Indonesia, Kota Solo khususnya, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo melakukan aksi tolak balak dengan cara mencukur habis rambut kepalanya. " Ini bagian dari ritual spiritual tolak balak terhadap Virus Corona," papar Rudy, sapaan karib FX Hadi Rudyatmo seraya tersenyum.
     Kegiatan spiritual tolak balak Corona itu digelar di rumah dinas Loji Gandrung, Rabu (25/3). Kegiatan tersebut juga diikuti wakil walikota Surakarta Achmad Purnomo, mencukur habis rambut kepalanya. Bahkan Rudy turut mengajak kepala dinas, kepala badan Pemkot Kota Surakarta untuk ikut serta melakukan aksi ritual spiritual tolak balak Corona. Cukur rambut gundul.
     Tak ketinggalan, Rudy juga mengajak mereka para anggota dewan untuk ikut serta melakukan aksi seperti yang dia lakukan bersama wakil walikota Surakarta Achmad Purnomo. Untuk kepala dinas, kepala badan, terkecuali bagi wanita, dimohon turut membantu kegiatan ritual spiritual ini. Mengusir Virus Corona. "Ayo kita cukur gundul di Loji Gandrung," himbau Rudy.
     Selain itu, ditambahkan Rudy, aksi cukur gundul ini dimaksudkan untuk memberikan penyegaran supaya membuat gembira warga yang saat ini banyak membaca berita menakutkan tentang Virus Corona (Covid-19). " Dengan gembira, terhindar dari stress merupakan cara ampuh menangkal Virus Corona. Dengan bergembira, otomatis menaikkan kadar imunitas menjadi tinggi yang otomatis kebal dengan virus," jelasnya.
     Cara yang ditempuh secara spiritual ini, masih menurut penuturan Rudy, sebagai wujud rasa ikhtiar dan tolak balak untuk menangani wabah atau orang Jawa biasa menyebutnya sebagai pageblug. "Buang sukerta, buang sial. Ya namanya ikhtiar, berbagai hal yang kita lakukan sepanjang tidak merugikan orang lain, tentunya tidak masalah bukan?" tandas Rudy.
    Rudy juga tidak ambil peduli, tidak mau mempermasalahkan jika ada orang yang tidak percaya dengan langkah spiritual yang dilakukan. Hanya saja, bagi orang nomor satu di Kota Solo ini, melakukan cukur gundul merupakan perwujudan rasa ikhtiar yang sudah sering dilakukan sebelumnya. " Intinya, tujuan utama kami ya bagaimana mewujudkan masyarakat Solo terbebas dari Virus Corona. (Covid-19)," harap Rudy. # Yan 1.
           -----081325995968-----

Thanks for reading Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo Lakukan Ritual Tolak Balak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS