Fakultas kedokteran (FK) Universitas Negeri Surakarta (UNS) Disaat Pandemi Lantik 79 Lulus Dokter

April 25, 2020
Sabtu, 25 April 2020

 GUGAT86.com. Surakarta. Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik dan mengambil sumpah 79 dokter baru di Aula FK UNS, Rabu (22/4/2020). Pelantikan dan pengambilan Sumpah Dokter Periode 212 FK UNS ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, Direktur RSUD Dr. Moewardi (Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama), Dr. Cahyono beserta Dekan FK UNS, Prof. Reviono beserta jajaran.
Wakil Dekan Bidang Akademik FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D dalam laporannya mengatakan, pelantikan dan sumpah dokter ini dilakukan dengan daring karena dalam suasana pandemi global Covid-19.
"Jadi untuk penyelenggaraannya dilaksanakan secara hybrid ceremonial dan online di mana empat orang mengikuti ceremonial online dan lainnya secara online dari kampung halamannya masing masing,” terang Paramasari.
Paramasari melaporkan bahwa ada 79 orang dokter baru yang mengikuti acara ini. Mereka semua dinyatakan telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode 15 dan 23 Februari 2020 untuk masing-masing ujian tertulis
yaitu Computer Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) yang merupakan ujian praktik.
Dari hasil UKMPPD tersebut, sebanyak 22 orang pria dan 57 orang wanita dinyatakan lulus dan mengikuti acara wisuda, pelantikan dan pengambilan sumpah dokter . Dari 79 dokter baru ini, satu di antaranya merupakan mahasiswa afirmasi dari Papua atas nama Lisye Elsina Kareni.
“Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata lulusan dokter kali ini adalah 3,54. IPK tertinggi pada pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini diraih oleh dr. Fauzia Novia Isnaening Tyas dengan IPK 3.80,” paparnya.
Dengan dilantiknya dokter periode ke-212 ini, maka sejak berdirinya FK UNS telah meluluskan 6.280 orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh penjuru tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan, inilah saatnya para lulusan dokter FK UNS menanggalkan toga dengan segala atributnya. Prof. Yunus menghimbau para lulusan untuk keluar kampus menunjukan eksistensinya sebagai seorang dokter, segera menjemput dan menghampiri masyarakat yang sedang terpapar kesehatanya karena serangan Covid-19, menunggu uluran tangan dan penanganan medis secara tepat dan cepat.
"Tunjukan dan buktikan bahwa dokter UNS dengan bekal kekuatan ilmu dan sumpah saktinya, beradu nyali, untuk mewujudkan integritas dan kepedulian sosial yang tinggi membantu mengatasi serangan pandemi Covid-19. Saya tunggu kabar baik dan kisah sukses para lulusan dalam menghadapi keadaan yang tidak normal ini,” ujar Prof. Yunus.
Prof. Yunus berharap, masyarakat bisa bersikap dewasa, disiplin dan patuh menjaga jarak, memakai masker, berperilaku hidup sehat dan di rumah saja. “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi akademik yang telah diraih sehingga berhasil menyandang gelar dokter,” pungkasnya. # Njar / Yan 1.
         -----081325995968-----

Thanks for reading Fakultas kedokteran (FK) Universitas Negeri Surakarta (UNS) Disaat Pandemi Lantik 79 Lulus Dokter | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS