Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo Segera Bangun Monumen Didi Kempot

Mei 11, 2020
Senin, 11 Mei 2020
Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, berencana bangun monumen Didi Kempot. Foto : N1NG.
-----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta. Jauh sebelum ada usulan warga net hingga membuat petisi daring supaya pemerintah membuatkan patung untuk almarhum Didi Kempot di Stasiun Balapan, walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo sudah mempunyai gagasan pembuatan patung monumen Didi Kempot. "Saya masih memikirkan dimana lokasi yang tepat. Masalahnya, bukan hanya Stasiun Balapan saja, Didi Kempot membuat lagu tentang Solo. Ada juga Terminal Tirtonadi dan Taman Jurug," terang Rudy sapaan akrab Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Yang jelas, dikatakan Rudy, bila petisi yang telah ditandatangani bersama oleh ribuan warga RT, bakal ditindaklanjuti. Artinya, masalah monumen baru akan dibicarakan dengan tokoh seniman dan budayawan Solo terlebih dahulu. Sebaiknya di Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi atau Taman Jurug. " Yang jelas, Didi Kempot ini jelasnya bukan lokal Solo saja, melainkan internasional. Meski lagunya berbahasa Jawa, namun banyak warga asing yang menyukai pelantun tembang campursari yang meninggal 5 Mei 2020 lalu,"terangnya.

Kepada wartawan yang menjumpai di Pendhapi Gede, Kompleks Balai Kota Solo, Sabtu (9/5/2020) Rudy kembali menegaskan jika untuk membangun monumen Didi Kempot di Solo itu cukup mudah, hanya saja hal ini masalah anugerah. Maksudnya, Didi Kempot itu kelasnya sudah tidak lokal saja, nasional dan internasional. "Untuk ini, saya berkepentingan mengirimkan surat ke Mensos supaya Didi Kempot mendapatkan anugerah penghargaan. Masalahnya, kelasnya bukan lokal lagi melainkan internasional sehingga wajar untuk mendapatkan anugerah," tegasnya.

Bukan tanpa alasan, jika Rudy mengusulkan penghargaan Didi Kempot dari Kemensos. Pasalnya, sebelum meninggal Didi Kempot telah menyumbangkan donasi milyaran rupiah upiah untuk Penanganan wabah Virus Corona (Covid-19). "Melalui konser yang bertajuk #DiRumahSaja dan ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta beberapa hari lalu, sanggup mengumpulkan dana tidak kurang 7.6 milyar,"papar Rudy sambil menambahkan bila tidak berlebihan seorang Almarhum Didi Kempot mendapatkan anugerah penghargaan dari Kemensos.

Rasanya tidak berlebihan bilamana pembuatan patung monumen Didi Kempot diwujudkan. Hal itu untuk meluluskan apa yang menjadi permintaan ribuan warga net yang sampai mengeluarkan petisinya lengkap dengan ribuan tanda tangan serta dilayangkan ke PT Kereta Api Indonesia (KAI), serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. "Yang jelas, kami ingin memenuhi niat baik mereka. Tunggu saja, setelah kami diskusikan dengan tokoh masyarakat, seniman dan budayawan Solo, monumen Didi Kempot segera kita wujudkan," janji Rudy. # N1NG/Yan 1.
        -----081325995968-----

Thanks for reading Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo Segera Bangun Monumen Didi Kempot | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS