SURYAMU Robot Canggih Untuk Perawatan Karya Mahasiswa UMS

Oktober 11, 2020
Minggu, 11 Oktober 2020

SURYAMU robot canggih untuk perawatan karya mahasiswa UMS. Foto : D34.
---------------------------------------------------------------
GUGAT86.com. SUKOHARJO.
Terinspirasi makin banyaknya pasien covid19 di rumah sakit, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menciptakan robot perawat. 
Robot yang diberi nama 'SuryaMu' ini resmi dilaunching sekaligus langsung diserahkan ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta, untuk dilakukan trial. 

"Membanggakan karya mahasiswa menciptakan robot perawat. Terinspirasi masa pandemi covid19 banyak perawat yang kewalahan, sekaligus bisa membantu kerja perawat," ungkap Rektor UMS Prof Sofyan Anif, usai launching di Rektorat UMS Siti Walidah, Sukoharjo, Sabtu (10/10).

Robot 'SuryaMu' mirip seperti lemari cabinet beroda, yang dilengkapi dengan layar/monitor, sejumlah tombol dan ada sekat sekat (rak) almari untuk menaruh berkas.
Kecanggihan 'SuryaMu' dalam membantu tugas perawat antara lain mampu mendeteksi parameter kesehatan, suhu, tensi, oksigen dan membantu komunikasi dengan dokter. 
"Pasien bisa berkomunikasi dengan perawat atau dokter melalui layar yang ada. Robot ini bisa di kontrol melalui handphone dengan aplikasi khusus." Imbuhnya.

Ditambahkan Rektor, robot SuryaMu ini merupakan robot seri pertama, dengan pengoperasian semi manual karena pasien harus melakukan gerakan tertentu. Nanti akan disempurnakan pasien tidak perlu bergerak atau menyentuh robot.
"Untuk ujicoba kami serahkan ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Nanti akan dievaluasi tiga sampai enam bulan. Dan pasti akan ada pembaharuan." Imbuh Prof Sofyan.

Tim mahasiswa Teknik Elektro FT UMS, diketuai oleh Feby Nurkalih dengan dosen pembimbing Bana Handaya, PhD.
Pembuatan satu unit robot 'SuryaMu' memerlukan waktu sekira 1 bulan, dengan biaya produksi penelitian sekira Rp 45 juta. 

"Kami terus mengupdate teknologi 'SuryaMu', kalau sudah layak dan resmi kami siap memproduksi massal." Tandasnya. # D34/ Yan G1.
              ---------081325995968---------
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 Utara Taman Sriwedari, Solo. www.makanku.co.id
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::









Thanks for reading SURYAMU Robot Canggih Untuk Perawatan Karya Mahasiswa UMS | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS