393 Mahasiswa Univet Jalani KKN Mandiri.

Januari 28, 2021
Kamis, 28 Januari 2021


GUGAT news.com. SUKOHARJO - Pandemi covid yang belum juga berakhir membuat sejumlah akademisi prihatin, khususnya pada output siswa yang belajar mandiri dirumah. Hal tersebut menjadi alasan Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, memilih tema 'Pendidikan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19', pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II tahun 2020/2021.

Tema KKN makin pas karena rata - rata peserta KKN adalah mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

"KKN di masa pandemi yang pertama dulu penekanannya adalah membelajari masyarakat masalah protokol kesehatan (prokes). Sekarang karena pandemi 
hampir satu tahun berjalan membuat banyak anak - anak sekolah dan orang tua stres, maka temanya kami geser tentang fokus pengabdian pada pembelajaran di masa pandemi," Kata Rektor Univet Bantara Prof Ali Mursyid, saat membuka acara pembekalan KKN, Kamis (28/1/2021).

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa peserta KKN mengikuti pembekalan secara daring melalui aplikasi Zoom meeting bersama nara sumber berkompeten di bidang pendidikan. Materi pembekalan diantaranya tentang metode memotivasi semangat belajar anak - anak di masa pandemi.


Rektor Universitas Veteran Bantara Prof. Ali Mursyid.
---------------------------------------------------------------
"Kebetulan, salah satu pematerinya disertasinya itu tentang metode pembelajaran yang menyenangkan hingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Ini sesuai dengan kondisi pandemi saat ini dimana anak - anak mulai jenuh belajar daring, dan orang tua juga mulai stres membimbing anaknya," papar Rektor. 

Selain materi menumbuhkan semangat belajar, peserta KKN juga dibekali tentang metode trauma healing untuk mengembalikan semangat belajar anak - anak akibat terlalu lama diam dirumah setelah pembelajaran tatap muka di sekolah di tiadakan selama pandemi.

"Ketika anak - anak ini sudah menjauhi belajar, maka ini bisa diartikan sudah ada trauma. Maka dalam pembekalan kami hadirkan pemateri untuk 
membekali mahasiswa peserta KKN terutama dari Prodi Bimbingan dan Konseling tentang metode trauma healing," ujar Rektor.

Tehnik laporan KKN tidak lagi berorientasi pada buku laporan tapi laporan kegiatan dari hasil dokumentasi kegiatan dalam bentuk video 
atau foto yang di upload melalui sistem KKN Univet seminggu dua kali. Kemudian juga harus menghasilkan video kreatif yang diunggah ke Youtube. Itu nanti yang akan digunakan sebagai basis penilaian KKN.


Pada KKN periode II tahun 2020/2021, diikuti 393 mahasiswa dan 21 Dosen Pembimbing. Dengan lokasi KKN disesuaikan tempat tinggal mahasiswa, yakni ada di 7 Provinsi, yaitu NTT, Jambi, Jabar, Jatim, Jateng, NTB dan DIY. 

Sementara, Koordinator Pembekalan KKN Periode II Tahun 2021, Harsono menambahkan, KKN mandiri merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan oleh kampus sebagai bagian dari adaptasi dan inovasi agar kegiatan kemahasiswaan dapat terus berjalan dengan tetap mengedepankan penerapan prokes.

"Tema KKN kali ini adalah "Pendidikan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19" Tema itu kami pilih untuk lebih menajamkan program KKN, dimana dari total 393 peserta hanya 16 mahasiswa saja yang berasal dari non FKIP," paparnya.


Dalam pembekalan yang digelar selama dua hari ini, ada 7 materi yang diberikan, diantaranya disampaikan oleh pemateri tamu yakni, Achmad Buchori dari Universitas PGRI Semarang tentang strategi pembelajaran inovatif di masa pandemi. Sedangkan untuk materi lainnya di sampaikan oleh dosen internal Univet Bantara sendiri.

"Dan untuk target, dari tim pembekalan memiliki semacam gagasan kepada peserta KKN agar membuat Rumah Cerdas Univet Bantara (RCU) d tempat KKN masing - masing. Gambaran RCU ini semacam rumah belajar bagi anak - anak dengan tetap mengedepankan prokes. Semacam bimbingan belajar tapi tidak boleh lebih dari 5 orang pesertanya," pungkasnya. #D34/Yani G1.


Ayo patuhi apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19. MakanKu 0811 6053 553.
              --------081325995968--------



                °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°




Thanks for reading 393 Mahasiswa Univet Jalani KKN Mandiri. | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS