Warga Joyo Sukoharjo Gelar Pilkaret

Januari 10, 2021
Minggu, 10 Januari 2021


Proses pemilihan ketua RT (Pilkaret) RT 001 RW 001 Kelurahan Joho Sukoharjo. Foto : D34.
---------------------------------------------------------------
GUGATNews.com. SUKOHARJO - Masih terbawa arus demokrasi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebelumnya, Warga RT 1 RW 2 kelurahan Joho, kecamatan Sukoharjo, kabupaten Sukoharjo, menggelar pemilihan ketua RT (Pilkaret) ala Pilkada. 

"Kebetulan saja warga masih terbawa suasana pilkada, tapi tidak ada unsur politik kubu-kubuan ya. Kami sepakat menggelar pemilihan ketua RT ala Pilkada. Ada daftar DPT, ada kampanye, ada proses pemungutan suara, TPS pun dibuat mirip dengan Pilkada kemarin." Kata Wawan Setiawan, ketua panitia Pilkaret RT 1 RW 1 Joho, Sukoharjo, Sabtu (9/1). 

Laiknya Pilkada, Pilkades pada umumnya. Kotak Suara pun diadakan saat Pilkaret. Foto : D34.
---------------------------------------------------------------
Ada dua calon yang diusulkan warga, yakni nomor urut 1 Warsidi yang maju tanpa wakil. Sedangkan nomor urut 2 Juni Wahyu Sukamto dan wakil Bambang Budiarso.

Proses pelaksanaan pilkaret berjalan lancar, aman dan cukup demokratis pada Sabtu malam di Balai Warga setempat.

Ada 185 KK terdaftar sebagai pemilih dan yang punya hak suara 1 KK 1 Suara. Sesuai dengan protokol kesehatan, pemilih datang membawa salinan (fotocopy) kartu keluarga, sekaligus untuk menertibkan administrasi RT.

"Kita terapkan protokol kesehatan, kita sediakan masker bagi yang lupa memakai, ada hand sanitiser di masing-masing meja, dan selalu diingatkan jaga jarak," imbuh Wawan.

Setelah mendaftar, mendapatkan surat suara dan memilih, mereka memasukkan surat pilihannya dalam kotak yang disediakan. 

Setelah diumumkan terpilih ketua RT baru Warsidi dengan perolehan 88 suara, rivalnya kalah tipis dengan 75 suara. Dari total DPT 185 yang hadir 165 pemilih, dengan dua suara tidak sah.

Ketua RT terpilih, Warsidi yang juga anggota TNI Kodim Sukoharjo, menyatakan siap menjalankan amanah warga. 

Tokoh masyarakat Joho, Budiharto, menyatakan kegiatan pilkaret yang dilaksanakan tersebut sebagai wujud demokrasi warga Joho. "Ini wujud demokrasi warga Joho, tidak ada hubungannya dengan pilkada kemarin, namun euforia demokrasi masih terasa, siapapun ketua RT yang terpilih akan didukung seluruh warga dan yang tidak terpilih legowo," tegas Budiharto. #D34/Yani G1.

                    -----081325995968-------

===================================


Thanks for reading Warga Joyo Sukoharjo Gelar Pilkaret | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS