Begitu Banyak Peran Pers Di Saat Pandemi Covid-19

Februari 06, 2021
Sabtu, 06 Februari 2021


 GUGAT news.com. SURAKARTA. Pogram acara Ngasho di TA teve dengan host duo presenter kocak, Ipul Asia dan Gapuk Asia berlangsung gayeng, Kamis (4/2/2021). Empat narasumber 
Anas Shahirul Ketua PWI Surakarta,Budi Santoso, M.Si (Wartawan senior/Ketua Dewan Kehomatan PWI Surakarta), Andjar Hari Wartono* (Wartawan Senior/ Anggota DKD PWI Surakarta dan Ade Ujianingsih wartawati, pengurus PWI Surakarta mengedukasi peran media di saat pandemi Covid -19, terutama untuk memutus rantai penularan virus Corona itu. 

Peran media atau pers sangat penting dalam penanganan pandemi Covid-19 yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan.
Pers dapat membantu upaya penghentian penyebaran wabah global dalam beberapa waktu ke depan. 

"Peran media sangat penting dalam upaya penanganan Covid-19 juga mengubah perilaku masyarakat di era new normal agar tetap melaksanakan prokes secara ketat," ujar Ketua PWI Surakarta Anas Sahirul.


Peran pers menjadi sangat efektif dalam memutus penyebaran virus berbahaya tersebut, karena bisa mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap pencegahan Covid-19. 

"Berkat pers yang memberitakan secara berkelanjutan penanganan pandemi Covid-19, perilaku masyarakat dapat berubah untuk senantiasa berpartisipasi dalam penanganan virus itu. Perubahan perilaku sekarang lagi dikonsolidasikan terkait penanganan Covid-19," tambah Andjar HW.

Peran pers telah menjadi pilar ke empat dalam demokrasi Indonesia. Dengan kebebasan media yang diberikan oleh pemerintah membuat pers kerap kali menjadi medium edukasi kepada khalayak luas. 

"Artinya, media telah menjadi jembatan yang menyambungkan antara masyarakat dengan pemangku kebijakan yakni pemerintah berbagai tingkatan. Sekarang pers menjadi jembatan antara warga masyarakat dengan pemerintah," tutur Budi Santoso yang diamini oleh wartawati Ade Ujianingsih. 


Terkait Hari Pers Nasional (HPN) 2021 PWI Surakarta menggelar berbagai kegiatan diantaranya Pameran Artefak Pers Indonesia di Monumen Pers Nasional, Gowes bersama Wartawan dengan mitra , tirakatan, sarasehan 
media, seminar media, , talkshow tentang peran pers di masa pandemi, resepsi Hari Pers Nasional bersama Presiden RI Joko Widodo yang dilakukan secara virtual seluruh Indonesia.
Penyelenggaraan HPN di Surakarta merupakan kerja bareng 
antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Monumen 
Pers Nasional (MPN) dan serta komponen media yang ada di Surakarta.-#D3DJ4R/Yani G1.


               -------- 081325995968 --------


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19. 0811 6053 553.


           °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°  

Thanks for reading Begitu Banyak Peran Pers Di Saat Pandemi Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS