Tim KKN UNS Manfaatkan Rockwool Untuk Media Tanam

Maret 02, 2021
Selasa, 02 Maret 2021


 Tingkatkan Ketahanan Pangan, Tim KKN UNS Manfaatkan Rockwool sebagai Media Tanam. Foto : Ist.


GUGAT news.com. SURAKARTA.
Sebagai komitmen untuk menciptakan dampak positif berkelanjutan bagi lingkungan dan ketahanan pangan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengolah lahan kosong menjadi kebun sederhana. Kegiatan ini dilakukan oleh KKN UNS Kelompok 123 yang berlokasi di Desa Wirun, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Upaya yang mereka lakukan ialah menyulap lahan kosong, sempit, dan tidak produktif menjadi kebun menggunakan media tanam rockwool. 


Saat diwawancarai oleh _uns.ac.id_ pada Selasa (23/2/2021), Ketua KKN Kelompok 123, Muhammad Sa’ad menjelaskan bahwa di Desa Wirun masih banyak lahan tidak produktif yang berpotensi digunakan sebagai lahan penghijauan.
“Kegiatan ini dibarengi juga dengan training dan dikemas secara interaktif. Semua peserta tidak hanya diberikan materi, tetapi peserta juga dihadapkan dengan praktik secara langsung dengan memanfaatkan botol dan gelas plastik bekas sebagai media tanam hidroponik. Selain itu, seluruh peserta juga diberikan bibit sayuran secara gratis pada sesi workshop,” jelasnya. 


Sa’ad menambahkan bahwa rockwool merupakan sekumpulan serat yang terbuat dari lelehan batu basalt hingga membentuk busa. Hal tersebut dapat membuat rockwool dapat digunakan sebagai media tanam hidroponik sederhana. Selain itu, rockwool juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan bekas seperti botol bekas dalam pengaplikasiannya. 

“Keunggulan dari rockwool sendiri adalah dapat menampung air dengan jumlah yang banyak sehingga cocok sebagai alternatif media tanam bagi banyak tanaman. Terutama sayuran yang cepat tumbuh seperti bayam dan kangkung. Selain itu, rockwool juga ringan dan tidak berjamur sehingga mudah dalam menyimpannya,” imbuh mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika tersebut. 


Bibit sayur yang mereka tanam berupa cabai, tomat, dan terong yang diletakkan di sekitar pekarangan rumah warga. Besar harapan, melalui program ini dapat meningkatkan kreativitas serta kemandirian masyarakat dalam mengolah lahan sempit dan tidak produktif di sekitar rumah. 


“Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami mencintai bumi dan mewujudkan ketahanan pangan. Terlebih, memanfaatkan lahan tidak produktif, lahan sempit maupun barang-barang bekas menjadi misi kami agar masyarakat dapat mewujudkan mandiri pangan di suasana pandemi seperti sekarang maupun seterusnya,” harap Sa’ad. #D3DJ4R/Yani G1.








Waspada Covid-19 masih di sekitar kita


                     °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading Tim KKN UNS Manfaatkan Rockwool Untuk Media Tanam | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS