Rotary Club Mataram Dan BKKBN Kerjasama Turunkan Angka Stunting

Juni 15, 2021
Selasa, 15 Juni 2021


Pemukulan gong pembukaan acara oleh Kepala BKKBN Pusat Dr Hasto Wardoyo.

GUGAT news.com. 

YOGYAKARTA - Tingginya stunting akibat pandemi Covid-19 membuat prihatin banyak pihak.

Karena itu perlu strategi khusus untuk mengatasinya dan harus melibatkan banyak pihak, tidak hanya pemerintah.

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting BKKBN Perwakilan DIY, Dr Yuni Hastutiningsih mengungkapkan salah satu strategi yakni menggandeng mitra swasta yang peduli dengan masa depan generasi Indonesia.

Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting BKKBN Perwakilan DIY Dr Yuni Hastutiningsih

Selain itu, membangkitkan kearifan lokal yang sudah lama hidup dalam struktur sosial masyarakat.

''Kami melakukan proyek percontohan, membantu 18 keluarga tidak mampu di Dusun Bekelan, Bantul. Para ibu hamil mendapat pedampingan hingga usia bayi 1.000 hari. Kecuali pendampingan, ada bantuan dalam bentuk asupan makanan, minuman yang bergizi agar anak tidak stunting,'' tutur Yuni, kemarin

Pihaknya menggandeng Rotary Club Mataram yang memberi bantuan dalam proses pencegahan stunting. Ada upaya promotif yakni melakukan kampanye dan sosialisasi serta mengajak para remaja untuk peduli stunting. Mereka juga melakukan upaya preventif, mendampingi ibu hamil dan memberi bantuan.

Kearifan Lokal

Yuni menjelaskan lebih lanjut, timnya yang bekerja sama dengan mitra menggelar Great Babies Program juga mengajak masyarakat berpartisipasi aktif. Mereka berusaha supaya bayi-bayi yang lahir dalam situasi pandemi bisa tumbuh dan berkembang baik secara normal.

''Tim mengajak masyarakat setempat, PKK, perangkat desa dan para kader di desa untuk bersinergi. Mereka dapat menggerakkan kearifan lokal, bergotong royong, peduli pada tetangga yang tidak mampu, saling perhatian. Inilah yang kami kuatkan karena pencegahan stunting sangat memerlukan kepedulian warga,'' papar Yuni.

Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Perwakilan DIY, MV Singgih Widanarto menambahkan perlu lompatan jauh ke depan mengatasi stunting. Keterbatasan SDM lapangan dari pemerintah menjadi tantangan. Di sinilah pentingnya menjalin kekuatan dengan mitra dan masyarakat.

Kerja sama tidak hanya berhenti di sini, kami sudah menyiapkan proposal ke Rotary Internasional agar dapat memberi bantuan lebih besar sehingga bisa menjangkau masyarakat seluruh Indonesia,'' imbuh Rotary Club Mataram, Hengky Pratomo. 

             °°°°°✓ 081325995968 °°°°°


Thanks for reading Rotary Club Mataram Dan BKKBN Kerjasama Turunkan Angka Stunting | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS