Terkait Bahaya BPA, Data Berbagai Ahli Dunia Terus Bertambah

Juli 01, 2021
Kamis, 01 Juli 2021


 Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Dan Lingkungan, Roso Daras.

GUGAT news.com. JAKARTA.

Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL), Roso Daras, menyampaikan hasil penelitian Dr Deborah  Kurrasch, terbaru mengenai bahaya BPA, yang diterbitkan di Science Advances, menunjukkan bahwa kewaspadaan berkelanjutan diperlukan. 

“Peneliti Bayreuth yang dipimpin Dr Peter Machnik, melakukan penelitian mengenai Kerusakan Otak Terkait Senyawa Umum Dalam Benda Plastik,”  ujar Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL), Roso Daras, di Jakarta, Rabu (30/06/2021).

Hasil penelitian Dr Deborah Kurrasch, dipublikasikan melalui jurnal kesehatan dunia pada tanggal 1 Juni 2021 melalui website  https://neurosciencenews.com/bpa-brain-development-18528/

Release terbaru mengenai bahaya BPA ini melengkapi penelitian sebelumnya, yang dalam waktu 6 bulan di tahun 2021 ini, sudah ada 3 penelitian yang dipublikasikan pada jurnal international.

“Penelitian Kurrasch selama dekade terakhir telah berfokus pada bahan kimia yang dapat dikenali secara luas: Bisphenol A, juga dikenal sebagai BPA. Bahan kimia ini umumnya ditemukan dalam plastik, pelapis makanan kaleng, dan bahkan kuitansi termal,” papar Roso.

Pada bulan Januari 2021 lalu Peneliti gabungan dari Thailand, Jepang dan USA merilis hasil penelitian  efek paparan bisphenol A prenatal pada gen terkait autisme dan hubungannya dengan fungsi hipokampus. Hasil dari penelitian tersebut adalah Paparan BPA sebelum melahirkan yang lebih tinggi diduga meningkatkan risiko autisme.  ( https://www.nature.com/articles/s41598-020-80390-2 ). 

Terkait dengan bertambahnya jumlah penelitian yang menyatakan BPA berbahaya, Roso Daras, menyesalkan pernyataan Eko Hari Purnomo, Pakar Teknologi Pangan IPB yang mengatakan bahwa BPA tidak berbahaya bagi kesehatan seperti yang disampaikan dalam sebuah tayangan televisi pada 22 Juni 2021 lalu. 

"Beliau menyampaikan bahwa BPA tidak berbahaya bagi kesehatan tidak berdasarkan penelitian, tapi hanya berdasarkan ketentuan BPOM batas migrasi 0.6 bpj, Tapi tidak melakukan penelitian,” terangnya. 

Berbeda dengan JPKL yang telah melakukan kajian dari peneliti, jurnal nasional dan  internasional, serta referensi  regulasi terkait larangan BPA di beberapa negara maju. 

Selain kajian, JPKL juga telah meminta salah satu laboratorium yang terakreditasi untuk menganalisa migrasi BPA. Acuannya sesuai standard SNI yang telah ditetapkan BSN di dalam menganalisa migrasi BPA. 

“Hasilnya memang di atas batas toleransi yang ditetapkan oleh BPOM. Dan perlu saya sampaikan bahwa kajian dan analisa lengkap terkait BPA telah JPKL sampaikan secara resmi ke BPOM,” ujarnya lagi.

Roso juga menyoroti disiplin ilmu Eko yang sebagai pakar pangan. “Padahal soal migrasi BPA akan lebih tepat kalau yang bicara pakar plastik. karena Itu bisa menyesatkan," cetusnya. 

Roso juga menambahkan bahwa apa yang disampaikan Eko Hari Purnomo semestinya disampaikan oleh BPOM langsung. 

"Itu bukan ranah beliau. Sedangkan BPOM hingga saat ini belum menyampaikan apakah sudah meneliti lagi atau belum," ujarnya. 

Pendapat para ahli dunia yang menyatakan zat BPA berbahaya, terang Daras, telah masuk dalam jurnal international. Tahun 2021 ini saja sudah di release 3 jurnal international. Belum lagi penelitian di tahun-tahun sebelumnya. 

Di Indonesia sendiri Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) memberi rekomendasi yang menyatakan bahwa regulasi mengenai migrasi BPA masih sangat minim.

“Padahal bahaya BPA selalu membayang-bayangi konsumen terutama produk yang kemasannya terbuat dari plastik Polikarbonat,” kata Daras. 

Lab yang terkumpul dalam JLPPI (Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia) ini menyadari masih kurangnya infrastruktur dalam pengujian BPA tersebut terlebih sudah mulai banyak kemasan yang mengklaim bahwa kemasannya BPA Free. 

Pernyataan ini dapat di akses di http://jlppi.or.id/berita-263-tantangan-pengujian-bisphenol-a-bagi-laboratorium-pengujian.html 

Bahkan jauh sebelumnya Pada tahun 2013, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia melakukan suatu Kajian Sistematis Dampak Pajanan Bisphenol A (BPA) terhadap Sistem Reproduksi dan Perkembangan Manusia.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam kajian itu adalah BPA memberi dampak buruk terhadap organ reproduksi manusia. Juga terdapat saran, bagi Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), agar melakukan pembatasan penggunaan BPA pada produk kemasan pangan bayi dan anakanak serta pada wanita hamil. 

“Selain itu, memberikan sosialisasi terkait penggunaan produk kemasan atau wadah makanan yang mengandung BPA. Wadah makanan dengan bahan BPA dan dapat diganti dengan botol kaca,” papar Daras. 

Oleh karena itu, kata Daras, Eko Hari Purnomo belum melakukan penelitian dan masuk dalam jurnal kesehatan nasional dan internasional, bisa menyatakan bahwa BPA aman. 

“Seharusnya saudara Eko sebagai pakar dapat mempelajari, memahami hasil penelitian sebelumnya dan kebijakan-kebijakan negara maju di dalam melindungi kesehatan konsumen, terutama pada usia rentan seperti bayi dan balita,” kata Daras.  

Sebaliknya menurut Daras, sebagai pakar Eko Hari Purnomo, seharusnya dapat lantang bicara perlu adanya Label peringatan konsumen, guna melindungi bayi dan anak sebagai generasi muda Indonesia yang tumbuh kembang sehat dan cerdas. 

Apa yang disampaikan Daras, mendapat tanggapan Eko Hari Purnomo. Dihubungi terpisah beliau menegaskan, BPA tidak membahayakan kesehatan. Belum ada hasil penelitian atau literatur yang membuktikan pelepasan BPA di galon guna ulang berbahaya bagi kesehatan. 

“Yang membuat bahaya itu bukan hanya sekadar bahannya, tapi juga dilihat dari konsentratnya. Kalau bicara aman atau tidaknya tergantung jumlah konsentrat yang ada dalam kandungannya,” ujar Eko.

Ia juga menekankan, ada batasan BPA maksimal yang bisa lepas dari kemasan. Dan BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan yang mengatur persyaratan keamanan kemasan pangan termasuk batas maksimal migrasi BPA maksimal 0,6 bpj (600 mikrogram/kg) dari kemasan PC. 

“Hasilnya masih dibawah ambang batas. Begitu pula saat dilakukan pengujian di air. Sangat kecilnya kemungkinan terjadinya migrasi BPA ke dalam air yang ada dalam galon guna ulang yang berbahan Polikarbonat (PC). Jadi kenapa ini masih diributkan,” papar Eko./*** Eddie Karsito




Thanks for reading Terkait Bahaya BPA, Data Berbagai Ahli Dunia Terus Bertambah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS