Bisa Jadi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Segera Kuncoro

Oktober 04, 2021
Senin, 04 Oktober 2021


 Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipo Kusuma Berbaju Batik, blangkon, masker putih, berikan arahan kepada prajurit keraton. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO.
Bisa jadi, adalah Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipo Kusuma dalam gebrakan gebrakan santun, pelan namun pasti, terpuji sekaligus teruji dan penuh arti yang kali ini dilakukan oleh beliau salah'satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII yang juga adik dari Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, kelak cepat atau lambat akan menuai kebaikan di antara mereka semua Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII yang sudah 17 tahun, tiada kecocokan satu dengan lainnya. Tiada rasa keharmonisan. Jauh dari rukun. Kesalahpahaman sepertinya terus saja mewarnai suasana Keraton Dinasti Mataram Islam tersebut.


Kebersamaan, keakraban dan familiar terhadap siapapun, baik abdi dalem, Sentana Ndalem, kerabat, pejabat hingga rakyat biasa diperlihatkan KGPH Dipo Kusuma dimana berada. Foto : Yani

Adalah Gusti Dipo sapaan akrab KGPH Dipo Kusuma, yang kali ini menjabat selaku Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Sinuhun Paku Buwono XIII, sebelumnya juga pernah dipercaya sang ayahanda Sinuhun Paku Buwono XII (almarhum) untuk memegang Pengageng Parintah Keraton. Setidaknya, dengan pengalaman menjadi Pengageng Parintah Keraton selama dua periode, semasa sang ayahanda dan kini kakanda menjadikan pengalaman tersendiri. Artinya, bisa dipastikan lagi sudah cukup menguasai seluk beluk tentang keraton.


Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sudah 17 tahun ini sepertinya kurang mendapat perhatian khusus dari Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII. Foto ; Yani.

Sepertinya Sinuhun Paku Buwono XIII ini tidaklah salah jika menjadikannya adiknya sebagai pemegang jabatan Pengageng Parintah Keraton, setidaknya dengan pengalaman sekaligus kinerja sebelumnya di saat memegang tampuk Pengageng Parintah Keraton di jaman PB XII, menjadikan kelebihan tersendiri. Bisa jadi, nanti apa yang di harapkan Sinuhun Paku Buwono XIII akan terwujud, manakala jabatan Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipegang oleh KGPH Dipo Kusuma. Kembali keraton Kuncoro. Ojo royo royo tata tenteram kerta Raharja, subur makmur. Rukun semua Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19



Tidaklah seperti sekarang ini, Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII dari ke enam garwo ampilnya, tidaklah pernah menampakkan kerukunan, keluarga besar seperti yang pernah terwujud manakala Sinuhun PB XII masih Sugeng, hidup. Mungkin saja, kalau puluhan Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII, baik dari istri KRAy Pradapaningrum, KRAy Pujaningrum, KRAy Retnodiningrum, KRAy Rogasmoro, KRAy Dayaningrum serta KRAy Kusumaningrum bisa seperti dulu, keraton tidaklah seperti saat ini. Contkrah, bertikai dan berkepanjangan. Semoga saja dengan terpilihnya KGPH Dipo Kusuma selaku Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat ini, keraton kembali Kuncoro dan Wibowo. #Achmad Yani.


               °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading Bisa Jadi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Segera Kuncoro | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS