Segera Direnovasi Kandang Kebo Kyai Slamet

November 04, 2021
Kamis, 04 November 2021


 Wisata Edukasi Keluarga Dengan Kebo Kyai Slamet milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO.

Kandang Kebo keturunan Kyai Slamet yang ada di Alun-alun Kidul ini termasuk salah satu dari bagian yang menurut rencana akan segera direnovasi, direvitalisasi dan perbaikan perbaikan pada bagian yang sudah mulai rusak dan rusak sama sekali. Sehingga nantinya bisa diharapkan layak untuk semuanya. Artinya, Kebo Keturunannya Kyai Slamet nyaman dengan suasananya kandang yang bersih sekaligus menyehatkan. 

Akan halnya mereka para pengunjung wisata edukasi dan kekeluargaan, nyaman, tenang dan santai serta sehat dan menyehatkan. Itu semua lantaran kondisi kandang Kebo Keturunannya Kyai Slamet tampak senantiasa bersih. Pastinya, tidaklah seperti sekarang ini. Kumuh, kotor dan berbau. Anehnya, meski demikian pengunjung setiap harinya tidak pernah sepi. Ratusan sayuran kangkung yang dijajakan di depan kandang, selalu habis diserbu pembeli untuk diberikan sebagai makanan kepada segerombolan Kebo Bule itu. "Ini bagian wisata edukasi dan kekeluargaan. Mengajari anak untuk sayang binatang, kami sekeluarga datang bisa sambil momong anak," tutur Ety, warga Sukoharjo, yang datang setiap pekan bersama keluarga.

Sudah selayaknya lah jika kandang Kebo Bule Keturunannya Kyai Slamet itu, diperbarui, setidaknya diperbaiki. Bisa jadi, kolam air untuk kubangan berendam berlumuran lumpur tanah itu dibuat sedikit menarik. Artinya, dibuat semacam kolam yang pada sisi sisi nya dibuat tembok, namun dasarnya tetap tanah biasa yang tidak perlu disemen. Sekurangnya ada 2 kolam di kandang yang memiliki luas sekitar 500 M2 itu. Selain pagar pembatas kandang dengan pengunjung perlu dibenahi, juga kandang untuk berteduh dari guyuran hujan juga diperbaiki. 

Setidaknya, diganti dengan genting atau asbes yang baru. Pastinya, juga kayu kayu penyangga atap diperbarui, pasalnya sudah pada lapuk, keropos dimakan usia. Khusus untuk serati, pawang Kebo Bule Keturunannya Kyai Slamet, dibuatkan space tersendiri. Semacam rumah kecil, gubuk yang rapi, indah dan bersih meski berada di sekitar kandang. Yang jelas, dengan kondisi nyaman, bersih, rapi dan indah, diharapkan mampu menjadi destinasi wisata tersendiri. Baik itu edukasi dan keluarga.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19.

Dengan terwujudnya destinasi wisata tersendiri, setidaknya bisa membantu mendongkrak perekonomian bagi keluarga pawang serta masyarakat di sekitar kandang dengan menjadi pedagang sayur kangkung atau jajanan lain berupa kulineran. "Kandang Kebo Bule Keturunannya Kyai Slamet itu juga merupakan bagian dari keraton. Makanya perlu dibenahi. Syukur menjadi bagian dari pariwisata bagi masyarakat Soloraya,"ujar KP Bambang Pradoto Nagoro SH selaku Humas Tim Kerja Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan di Sasana Purnomo, Badran, Laweyan, belum lama ini. # Yani.

                     °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°



Thanks for reading Segera Direnovasi Kandang Kebo Kyai Slamet | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS