Sitihinggil Alun-alun Kidul Mangkrak

November 10, 2021
Rabu, 10 November 2021


 Memprihatinkan. Sitihinggil Kidul Alun alun Kidul kini menjadi kandang Kebo Bule. Foto : Yan 1.

GUGAT news.com. SOLO.

Memprihatinkan, kesan kali pertama melihat secara langsung kondisi Sitihinggil (tanah tinggi) yang ada di Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Mengapa demikian? Pasalnya, heritage peninggalan sejarah bernilai tinggi itu tampak mangkrak tiada terurus. Kotor, kumuh dan berbau. Pastinya tidaklah berlebihan, lantaran keberadaannya saat ini, oleh keraton dipergunakan sebagai salah satu kandang Kebo Bule keturunan Kyai Slamet.

Bagian kandang Kebo Bule keturunan Kyai Slamet, kumuh dan kotor.

Tentu saja, oleh keraton dipergunakan untuk salah satu kandang Kebo Bule, bukan tanpa alasan. Boleh jadi, salah satu kandang Kebo Bule keturunan Kyai Slamet yang ada di sebelah selatan, masih dalam area yang sama, Alun alun Kidul sudah penuh dengan dihuni oleh beberapa ekor kerbau yang juga merupakan Kebo Bule keturunan Kyai Slamet. Tak pelak, tiada akar rotan pun jadi. Dipakainya Sitihinggil Kidul yang sementara ini mangkrak. Rusak di beberapa bangunannya.

Meski tampak gagah, namun kondisi sebenarnya Sitihinggil Kidul ini mulai rapuh. Foto : Yani

Semoga saja apa yang tempo hari diungkapkan oleh KP Bambang Pradoto Nagoro SH, Humas Tim Kerja Maha Menteri KGPH Tedjo Wulan, segera terwujud dan pastinya menjadikan kenyataan. Artinya, Sitihinggil juga merupakan salah satu bagian dari 13 bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang menurut rencana akan segera direnovasi, direvitalisasi ataupun diperbaiki oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini, Dirjen Kebudayaan serta Kementerian PUPR. "Sudah selayaknya, Sitihinggil Kidul juga kudu direnovasi, direvitalisasi ataupun diperbaiki. Karena juga merupakan bagian keraton,"tegas KP Bambang Pradoto Nagoro SH.

Ditambahkan Kanjeng Bambang, panggilan akrab KP Bambang Pradoto Nagoro SH, semoga saja diantara mereka para Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, berkenan dan menyetujuinya apa yang hendak dilakukan pemerintah pusat. "Semoga kunjungan tali silaturahmi Dirjen Kebudayaan serta Kementerian PUPR beberapa hari lalu ke keraton membawa dampak positif, semakin berwibawa dan kuncoro nya keraton," harap Kanjeng Bambang. #Yani.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19.


                     °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Bisa hubungi langsung ke 081325995968

                       °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Thanks for reading Sitihinggil Alun-alun Kidul Mangkrak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS