Rembug Warga Tahunan. BKM Wahyu Tumurun Makamhaji 2021

Februari 01, 2022
Selasa, 01 Februari 2022

Kordinator BKM Wahyu Tumurun Wasimin MM memberkan laporan pertanggungjawaban kegiatan BKM tahun 2021.

GUGAT news.com. SUKOHARJO
Sabtu 29 Januari 2022 BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) "Wahyu Tumurun" Desa Makamhaji melaksanakan forum Rembug Warga Tahunan (RWT) Tahun 2021 yang bertempat di balai Desa Makamhaji. 


Suasana Rembuk Warga Tahunan ( RWT) Sabtu , 29 Januari 2022 di Balai Desa Makamhaji.

Penyelenggaraan RWT tahun ini agak berbeda dengan pelaksanaan RWT di tahun-tahun yang lalu, diakibatkan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan harus tetap melaksanakan prokes. Sehingga salah satunya para peserta harus memakai masker, selain itu undanganpun hanya untuk perwakilan wilayah saja seperti RT, RW namun juga melibatkan lembaga –lembaga yang ada di Desa Makamhaji. 


Penerimaan hadiah dari BKM Wahyu Tumurun untuk 3 KSM terbaik , foto bersama Kepala Desa Makamhaji, Ketua BPD dan Ketua BKM Wahyu Tumurun

Seperti halnya  Pemdes, BPD, PKK, Posyandu serta tokoh masyarakat. Acara dimulai pukul 15.30 WIB dengan laporan dari Ketua Panitia RWT, Titis Andono, S.Sos yang menyoal tentang pelaksanaan RWT, sebelumnya Titis menjelaskan lagi bahwa BKM “Wahyu Tumurun” adalah lembaga swadaya di bawah kepala Desa sehingga segala kegiatannya harus sepengetaun Kepala Desa .


Foto bersama Ketua BKM Wahyu Tumurun Wasimin mm , Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto, SE dan para ketua Lembaga yang ada di Desa Makamhaji.

 Sementara itu Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto, SE, dalam sambutannya berpesan agar BKM dapat selalu bersinergi dengan lembaga-lembaga yang ada di Desa Makamhaji khususnya program pengentasan kemiskinan dan perekonomian Desa Makamhaji.

 Selain itu Kepala Desa Makamhaji berpesan pula untuk meningkatkan peran pemberdayaan, salah satunya menangkap peluang market di era sekarang ini yang serba online. Dengan mengadakan pelatihan penjualan secara online. 


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19


Puncak acara dari RWT ini adalah tentang pertanggung jawaban kegiatan BKM Wahyu Tumurun untuk tahun 2021 yang disampaikan Kordinator BKM, W Asimin Minto Mulyono.

Disampaikan juga sejak dihapusnya Biaya Operasional ( BOP) dari Pemda maka BKM Wahyu Tumurun mulai membiayai organisasinya secara mandiri melalui memaksimalkan penyerapan dana yang ada pada Unit Pengelola Keuangan ( UPK ). 

Ditambahkan juga rekomendasi pada RWT tahun ini akan dibentuk unit pengelolaan wira usaha yang bisa diharapkan menjadi penggerak dalam memperdayakan ekonomi masyarakat, khususnya Desa Makamhaji.

Pada kesempatan acara forum RWT ini, BKM Wahtu Tumurun memberikan apresiasi kepada 3 Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) ekonomi bergulir sebagai KSM terbaik, dengan memberikan reword berupa sembako dan sertifikat.

Forum RWT beakhir menjelang Mahrib itu, Menurut Katino,SP ketua unit pengelola keuangan, mengatakan " jika  acara RWT Tahun 2021 yang berakhir ini, Alhamdulillah  dengan berjalan lancar dan pertanggung jawaban bisa diterima oleh peserta  RWT yang kurang lebih berjumlah 70 orang,"pungkas Katino. #Naskah dan foto : Taufik.

 Masih melayani pembelian di Kota Solo



Thanks for reading Rembug Warga Tahunan. BKM Wahyu Tumurun Makamhaji 2021 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS