Beteng Baluwarti Bekas Keraton Kartasura Dijebol

April 25, 2022
Senin, 25 April 2022


 Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com. SUKOHARJO.

Sebagai Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekaligus budayawan, KGPH Puger mengaku sangat prihatin sekali. Mengapa itu semua bisa terjadi hanya lantaran ambisi pribadi. "Nasi sudah menjadi bubur dan hancur sudah sebagian tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat." paparnya kepada puluhan yang mengerumuni di lokasi kejadian.

Tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat yang di buldozer warga setempat.

Kalau bicara kecewa, masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger ya secara pribadi sangat kecewa. Namun mau bagaimana lagi? Sudah terjadi dan roboh. Ditata kembali tidaklah mungkin. Batu bata merah berukuran besar besar itu sudah pecah dan menjadi potongan kecil kecil. " Ya sudah, kita tak perlu saling menyalahkan. Biarkanlah diurus oleh mereka yang lebih tahu prosedural nya. Bupati, Polisi dan BPCB. Kita hanya bisa bantu dukungan doa saja!" urai Gusti Puger seraya menambahkan insiden untuk pelajaran kita semua.

KGPH Adpt Dipo Kusuma Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat PB XIII

Terpisah, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH Adpt) Dipo Kusuma yang juga merupakan salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga merupakan Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII, mengaku sangat prihatin dan menyesalkan adanya insiden perusakan heritage bersejarah sangat tinggi itu. Keraton Kartasura Hadiningrat, cikal bakal berdirinya Keraton Dinasti Mataram Islam Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ke 5 atau terakhir." Memprihatinkan cagar budaya kok dirusak!" tegas KGPH Adpt Dipo Kusuma mengelus dada.

Ditambahkan oleh Gusti Dipo, panggilan akrab KGPH Adpt Dipo Kusuma, kepada mereka para Muspida Sukoharjo, Bupati, Polres, Kodim juga BPCB Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengucapkan banyak terimakasih atas kinerjanya yang cepat tanggap langsung menangani perkara perusakan heritage terhadap tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura, pembuldoseran batu bata sebagai Beteng Baluwarti. "Memprihatinkan!" kembali Gusti Dipo mengucapkan kalimat tersebut.

Cukup disesalkan, tambah Gusti Dipo, bilamana sampai perangkat RT tidak mengetahui akan tindakan pengrusakan dengan buldozer yang merobohkan tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat itu. Lebih menyakitkan hati lagi, tindakan dari pelaku perobohan Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat. " Masak tidak tahu kalau Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat itu dilindungi BPCB Lantaran keberadaannya sudah lebih dari 300 tahun. Kalau tidak mau ngerti, bisa jadi,"tegasnya.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Seperti diketahui, pagar bangunan tembok Beteng Baluwarti Keraton Kartasura Hadiningrat yang dibongkar ada sekitar 5-6 meter. Menurut informasi, pemilik tanah yang ada di dalam pagar akan dibuat bangunan kost-kostan. Hanya saja cukup disayangkan harus membuka lahan baru sebagai akses jalan. Padahal sudah ada akses jalan lainnya. " Demi sebuah keinginan pribadi harus mengorbankan kepentingan umum, apalagi merusak Cagar Budaya. Ini yang sangat disesalkan. Sumonggo, biarlah hukum yang akan bertindak tegas!"tandas Gusti Dipo. #Yan 1.

                ¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥








Thanks for reading Beteng Baluwarti Bekas Keraton Kartasura Dijebol | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS