Mengenang Kebesaran Nagari Surakarta Hadiningrat

Mei 08, 2022
Minggu, 08 Mei 2022


 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Pusat Pemerintahannya Nagari Surakarta saat itu.

GUGAT news.com. SOLO.

Adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang saat itu, sekitar tahun 1745 adalah merupakan Pusat Pemerintahannya Nagari Surakarta yang meliputi wilayah kekuasaan di berbagai daerah di Jawa bahkan hingga ke luar Jawa. Itu semua terjadinya setelah Boyong Kedaton, kepindahan Keraton Kartasura Hadiningrat usai adanya pemberontakan Mas Garendi atau Geger Pecinan terhadap Sinuhun Paku Buwono II Keraton Kartasura Hadiningrat.

Mendapati Kedhaton yang pernah dipimpinnya carut marut, rusak bersamaan usainya pemberontakan Mas Garendi terhadap Keraton Kartasura, Sinuhun PB II tidak berkenan tinggal dan melanjutkan bertahta di Kartasura. Saat itu pula, beliau Sinuhun PB II segera mengambil sikap untuk membuat sebuah bangunan keraton. Dipilihlah Kota Solo hingga saat ini daripada Kadipolo, Sriwedari ataupun Sono Sewu, Bekonang, Sukoharjo.

Bukan tanpa alasan, dipilihnya tanah milik Ki Gede Sala yang waktu itu masih merupakan rawa rawa, bila harus memilih Sono Sewu yang menurut jangka, ramalan, Dinasti Mataram Islam akan hilang pengaruhnya lantaran budaya Hindu-Buddha. Akan halnya Kadipolo, Sriwedari yang berdasarkan jongko, keraton berdiri tidak akan pernah lama. Akan halnya di tanah milik Ki Gede Sala, yang sekarang ini keraton akan ijo royo-royo tata Titi Tenteram Kerto Raharjo subur makmur. Kuncoro. Terbukti tidak kurang 200 tahun berdiri. 1745-1945. 

1945 barulah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdiri. Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pun bergelar sebagai Sinuhun Kamardikan. Raja di jaman kemerdekaan. Sebelumnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan pusat pemerintahan nya Nagari Surakarta Hadiningrat. "Bapak Kamilah, Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, seorang monarki atau raja yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,"jelas Kanjeng Gusti Pangeran Haryo ( KGPH) Puger.

Dan, masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, adalah Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pula lah yang kali pertama dianugerahi penghargaan dari Presiden RI Ir Soekarno tentang Daerah Istimewa Surakarta (DIS) sebagai konsekuensinya seorang raja yang banyak peduli sekaligus membantu apa yang menjadikan keinginannya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Presiden RI Ir Soekarno. #Yan 1

Thanks for reading Mengenang Kebesaran Nagari Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS