Langgar Merdeka Semula Bekas Toko Ganja

Juni 30, 2022
Kamis, 30 Juni 2022


Langgar Merdeka Icon Kampoeng Batik Laweyan Solo

GUGAT news.com SOLO

Adalah Langgar Merdeka, unik sekaligus menarik. Pasalnya, Langgar atau Surau juga disebut Musholla yang ada di Kampoeng Batik Laweyan Solo atau tepatnya berada di Jalan Dr Rajiman no 565 Laweyan, Solo, ini semula merupakan rumah toko ganja atau yang saat ini dikenal sebagai narkoba dan milik pengusaha Cina. Uniknya, ganja bisa memasuki wilayah yang notabene warganya mayoritas beragama Islam. Setidaknya menjadikan dampak buruk bukan? Imej yang kurang bagus.

Menariknya, begitu mendapati adanya imbas kurang baik dari toko candu atau ganja terhadap Kampoeng Batik Laweyan, sebagai saudagar kaya raya dengan usaha batik nya, oleh H Imam Masyhadi dibelilah toko ganja atau candu yang kini dikenal sebagai narkoba itu dari pemilik keturunan Tionghoa. Sekitar pada tahun 1942 dan saat itu pula dibangunlah sebuah rumah ibadah, Langgar Merdeka hingga sekarang ini.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini

Tidak kurang dari 3 tahun, selesailah sudah renovasi terhadap toko ganja tersebut menjadi sebuah rumah ibadah, Langgar Merdeka. Sehingga pada tahun 1946 penggunaannya diresmikan langsung oleh Mensos pertama kali di Indonesia, Mulyadi Joyo Martono di jaman Presiden RI Ir Soekarno. Sekarang ini selain menjadi semacam mascot Icon Kampoeng Batik Laweyan juga merupakan ancer-ancer alamat serta jujukan menuju Laweyan.

Bukan hanya itu saja, Langgar Merdeka yang merupakan Cagar Budaya Heritage bersejarah ini, kondisinya tampak semakin makmur. Makmur dengan suasana jamaah shalat maupun makmur suasan pedagang kulineran Apem dan madu asli yang merupakan saran tempat kulakan madu sekaligus oleh oleh kue Apem Laweyan. "Alhamdulillah... selain apem Dudi khas Laweyan juga madu dan wedangan angkringan Selamet, kesemuanya laris manis,"papar Slamet pemilik Angkringan. #Yani



Thanks for reading Langgar Merdeka Semula Bekas Toko Ganja | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS