Wisata Sejarah Yang Jarang Dikunjungi

Juli 22, 2022
Jumat, 22 Juli 2022


 Alun alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com  SOLO.

Lokasi wisata sejarah di Solo yang jarang  dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun nasional apalagi turis mancanegara sama sekali tidak pernah. Sepertinya saat ini mulai terabaikan meskipun memiliki nilai historis sejarah yang cukup tinggi, adalah Alun alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Yang jelas berbanding terbalik dengan keberadaan Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Boleh jadi, hanya sepintas dilirik untuk dilihat sejenak namun tidak pernah dilihat secara seksama. Apalagi di kaji akan kebesaran nilai sejarah nya, sama sekali tidak. Padahal, baik Alun alun Lor juga Alun alun Kidul sama memiliki nilai historis sejarah yang cukup tinggi. Diantaranya, usia pohon beringin yang ada di Alun-alun Kidul juga Lor tersebut usianya jauh lebih tua dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berdiri pada tahun 1745, sedangkan pohon beringin tersebut keberadaannya sejak jaman berdirinya Keraton Kartasura Hadiningrat 1680. Pohon beringin tersebut diambil dari Keraton Kartasura Hadiningrat saat kepindahannya ke Desa Sala yang kini dikenal sebagai Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bukan hanya itu saja, banyak nilai sejarah yang terkandung di dalam kedua pohon beringin itu, lebih utamanya di sekitar pohon beringin tersebut setiap harinya ada saja orang berjemur berlama-lama hingga terik matahari menyengat yang saat itu bertahta Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dimaksudkan agar bisa diterima untuk menghadap sang raja sekaligus mengadakan permasalahannya. Meski seharian berjemur, kalau saat itu Sinuhun PB X berkenan menemui, ya kudu diulang keesokan harinya.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Alun-alun Lor ramai dengan puluhan parkir mobil dan motor dari pagi hingga sore hari, tidaklah demikian dengan Alun alun Kidul yang selalu ramai pengunjung wisatawan kuliner keluarga dari pagi jam 06.00-23.00 WIB. Untuk itu, bagi mereka warga masyarakat yang ada di luar Kota Solo, serasa tepat sekali manakala berwisata keluarga ke Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Aman, nyaman, bersih dan puluhan jenis kuliner serta wahana permainan anak digelar. Pastinya, juga ada wisata sejarah, Kebo Bule dan Sitihinggil Kidul sekaligus gerbong kereta api peninggalan Sinuhun PB X. #V1K / Yan 1.

 











Thanks for reading Wisata Sejarah Yang Jarang Dikunjungi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS