Masjid Cipto Mulyo PB X Kiblatnya Menghadap Ke Barat Daya Atau Barat Serong Kiri

Agustus 03, 2022
Rabu, 03 Agustus 2022


 Masjid Agung Cipto Mulyo Pengging peninggalan Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com BOYOLALI

Boleh jadi, Masjid Agung Cipto Mulyo yasan atau peninggalan sejarah leluhur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono X ini cukup istimewa dan menarik. Sedikit berbeda dengan masjid pada umumnya, masalah tata letak arah kiblat nya. Pada umumnya kiblat menghadap ke arah Barat menyerong ke kanan, namun tidaklah demikian dengan keberadaan Masjid Agung Cipto Mulyo ini, menghadap ke arah Barat Daya atau Barat serongnya ke kiri.

Arah kiblat Masjid Agung Cipto Mulyo Pengging PB X yang unik, menghadap ke arah Barat Daya 

Menariknya lagi, kondisi bangunan yang sudah lebih dari 100 tahun itu, dibangun pada 1905, masih terawat bagus, rapi dan indah. Ornamen ukiran kayu jatinya baik yang ada pada pintu dan jendela juga masih tampak jelas dengan tulisan simbol PB X. Termasuk mighrab tempat pengimaman sekaligus ukiran ruang mimbar nya masih asli dan utuh. Hanya saja, pada lantai ubin keramik nya sudah diganti dengan marmer. Dari mulai tangga naik hingga serambi dan ruang utama.

Aji wisatawan asal Solo menyukai Suasananya adem di Masjid Agung Cipto Mulyo Pengging PB X 

Tidak terkecuali Soko guru kayunya jati yang ada di serambi maupun ruang utama juga masih utuh dan bagus. Sekaligus pagar ukiran kayu jati yang ada di serambi juga masih tampak rapi dan indah. Termasuk panah arah mata angin yang ada di kubah, masih asli pula. Bahkan bedug serta kentongan kayu jatinya juga masih utuh dan asli. Hanya pada kulit sapi di bedug, sudah beberapa kali harus diganti. Wajar saja, pada setiap harinya, bedug itu kudu ditabuh, dibunyikan untuk memanggil jamaah shalat Fardhu lima waktu.

Adalah Aji, warga Kota Solo saat ditemui GUGAT news mengatakan jika dirinya sudah tiga kali salat di Masjid Agung Cipto Mulyo Pengging Yasan Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. " Beberapa kali saat liburan ke Pengging, kami bersama orang tua menyempatkan shalat di Masjid Agung Cipto Mulyo. Selain Suasananya adem, nyaman juga bersih sekaligus mengetahui heritage bersejarah peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat," tuturnya.

Memang, di sekitar area Pengging ini selain dikenal sebagai wisata religi juga wisata sejarah. Ada beberapa umbul pemandian yang di bangun oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Juga makam RNgt Yosodipuro, pujangga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, serta makam Pengging Sepuh, Sri Mangkurung Prabu Handayaningrat. Dan pastinya, wisata heritage bersejarah peninggalan leluhur lainnya. #V1K / Yan 1.



Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 



Kali Pepe Land Destinasi wisata terbaru di Desa Banaran, Gagaksipat, Ngemplak Boyolali 




Thanks for reading Masjid Cipto Mulyo PB X Kiblatnya Menghadap Ke Barat Daya Atau Barat Serong Kiri | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS