Pesanggrahan Langenharjo Memprihatinkan

Oktober 21, 2022
Jumat, 21 Oktober 2022


 BRM Dr Kusumo Putro SH MH di depan salah satu pintu yang ada di Pesanggrahan Langenharjo.

GUGAT news.com. SUKOHARJO 

Ditegaskan Ketua Umum Forum Budaya Mataram, BRM Dr Kusumo Putro SH MH saat ini kondisi darurat bangunan cagar budaya, Kondisi Pesanggrahan Langenharjo sangat memprihatinkan!

Pesanggrahan Langenharjo kini kondisinya cukup memprihatinkan 

Karaton kecil Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan peninggalan dari Sinuhun Paku Buwono ( PB ) IX dan PB X tersebut sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan, selain ditemukan adanya pagar tembok roboh, juga atap bangunan utamanya pada bagian atas yaitu sirap asbes mengalami kebocoran disana sini. sehingga Berpotensi Merusak Kayu penguat Kantruksinya.

Di Ruang Utama yang terdapat tempat Tidur Peninggalan PB X, kebocoran akan Terlihat ketika hujam Turun, Air mengalir Deras menggenangi hampir merata di lantai. Pastinya akan merusakkan baik atap maupun lantai.

Demikian pula Ruang samping yang biasa digunakan untuk Bermeditasi, kondisinya tak jauh lebih baik. Kerusakan tampak di berbagai ruangan.

Kebocoran Parah berada di Delapan Titik, sehingga Bila Hujan turun dan deras maka Air akan Masuk sante mengalir ke dalam Bangunan gedung hingga Menggenangi Lantai.

"Bisa dipastikan lagi, bila Hal ini terus dibiarkan dan Air Hujan membasahi dan Menghantam Kayu penyangga berupa Kayu Kuno yang Umurnya sudah Ratusan Tahun maka lama lama Kayu akan Lapuk dan Rapuh dan Akhirnya akan hancur sehingga lama kelamaan akan membuat Bangunan gedung bisa Roboh." prihatin Dr BRM Kusumo Putro SH MH. #Yani















Thanks for reading Pesanggrahan Langenharjo Memprihatinkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS