Nyai Dewi Sri Sapawi : PB XIII Harus Memayungi Adik Adiknya

Januari 07, 2023
Sabtu, 07 Januari 2023


 Nyai Dewi Sri Sapawi, Konsultan Spiritual Jawa

GUGAT news.com SOLO.

Sebagai konsultan spiritual Jawa yang tinggal tidaklah jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau tepatnya di sebelah selatan Alun-alun kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Nyai Dewi Sri Sapawi menegaskan, bilamana jauh sebelum kondisi nya sakit sakitan beliau Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bisa bertindak tegas, bisa jadi konflik internal keluarga keraton tidak akan pernah ada.

Artinya, saat beliau Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Jumeneng Noto, langsung sikapnya yang harus tegas dan bijaksana diterapkan di keraton pada saat itu, bisa dipastikan lagi tidak akan pernah ada gesekan diantara Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sentana Ndalem, abdi dalem bahkan masyarakat yang kini pro dan kontra.

"Sayangnya nasi sudah menjadi bubur yang tidak bisa dikembalikan lagi, bahkan telur sudah retak bahkan pecah yang pastinya sulit sekali untuk dikembalikan utuh seperti semula. Kalau hanya rukun secara fisik, mungkin bisa secara dohir lahiriah. Namun secara hati, serasa sulit sekali. Pastinya tergantung pribadi masing-masing personil," tandas Nyai Dewi yang berharap kerukunan diantara keluarga keraton harus bisa kembali terwujud.

Harusnya, lanjut Nyai Dewi, sekarang ini sepertinya sudah terlambat, pasalnya kondisi kesehatan Sinuhun PB XIII tidaklah seperti dulu. Belakangan sering sakit-sakitan, sehingga tidaklah bisa membuat keputusan yang tepat dan strategis. Bagaimana akan dan mampu memayungi, ngayomi melakukan perlindungan terhadap adik adiknya yang merupakan Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. " Semoga saja kelakuan dan keegoisan mereka bisa ditekan untuk bisa mewujudkan kerukunan. Semoga!" harap Nyai Dewi Sri Sapawi. #Yani


Thanks for reading Nyai Dewi Sri Sapawi : PB XIII Harus Memayungi Adik Adiknya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS