DINUSFEST 2023 Angkat Kartun Indonesia Dalam Lomba Mural

Februari 02, 2023
Kamis, 02 Februari 2023


Keluarga Somat tema yang diangkat dari pemenang Juara I Lomba mural DINUSFEST 23

GUGAT news.com SEMARANG 

Perkembangan dunia kartun di Indonesia, boleh dikatakan menurun drastis. Dan hal ini bisa dilihat dari banyak munculnya kartun luar negeri di media Indonesia. Artinya ,padahal sebenarnya kartun Indonesia lebih banyak mengajarkan literasi, pengetahuan dan budaya . 

Francisca Angelia Cinta pelajar SMKN 9 Surakarta merih Juara I Lomba Mural DINUSFEST tahun 2023

Dari kenyataan ini, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Dian Nuswantara (HM DKV UDINUS) yang diketuai Rafi AlJabar Fadhilah dalam kegiatan tahunan Dian Nuswantara Festival (DINUSFEST) tahun ini memutuskan Kartun Indonesia menjadi tema dalam Lomba Mural yang digelarnya.

Sabtu 21 Januari 2023 bertempat di lapangan parkir Kampus UDINUS hampir puluhan pelajar SMA dan SMK dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti lomba mural ini. 

Angela peseta dari SMK N 9 Surakarta mengerjakan sendiri

Dengan Lomba  mural yang bertajuk Nawasena atau Masa Depan yang cerah ini harapan HM DKV UDINUS dapat menggeliatkan kembali budaya kita kepada generasi muda serta sebagai terobosan generasi kita untuk mencintai kartun Indonesia lagi.

Minggu 29 Januari 2023 puncak acara Dian Nuswantara Festival termasuk diantaranya ada pembagian hadiah untuk pemenang dari lomba Mural. 

Salah saut team peserta lomba mural DINUFEST dengan 4 anggota

Adalah Pelajar SMKN 9 Surakarta bernama Fransisca Angelia Cinta akhirnya terpilih menjadi juara I,  untuk juara II diraih SMA Karang Turi Semarang dan Juara III SMA N 2 Semarang.  

Ditemui dilokasi lomba, Angel mengatakan sangat bersyukur bisa memenangkan lomba karena dikerjakan sendiri tanpa team. Suasana saat lomba juga panas menyengat sekali, tambah Angel.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

 Angela memaparkan tentang karya muralnya yang memvisualkan kartun serial animasi keluarga Somat.

 Dan Bagi Angelia Keluarga Somat sangat mencerminkan salah satu kehidupan keluarga Indonesia yang penuh hiruk pikuk, keceriaan dengan berbagai masalah yang biasa terjadi di masyarakat. 

Dua anak digambarkan anak dari Pak Somat dan Bu Ina, yang cowok bernama Dudung dan ceweknya bernama Linung. Meski Pak Somat  hanya buruh pabrik tapi putranya si Dudung mampu menyelesaikan kuliah di UDINUS. 

Bagi Angelia Keluarga ini melukiskan salah satu bagian dari keluarga di Indonesia.

Dalam pertemuannya dengan ketua HM DKV UDINUS Rafi mengatakan tahun depan lomba Mural akan ditingkatkan lagi dengan konsep dan temanya yang baru lagi , Rafi juga berharap tahun depan peserta lomba mural  dari pelajar SMA atau SMK harus lebih banyak lagi.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 








Thanks for reading DINUSFEST 2023 Angkat Kartun Indonesia Dalam Lomba Mural | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS