BBWSBS Enggan Tegur FX Hadi Rudyatmo Owners Taman Sunan Jogokali

Maret 07, 2023
Selasa, 07 Maret 2023


Lukisan Mantan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo pemilik Taman Sunan Jogokali

GUGAT news.com SOLO

Menyikapi maraknya pemberitaan di berbagai media yang menyoal tiada nyali keberanian, setidaknya peneguran dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), terhadap keberadaan Taman Sunan Jogokali yang ada di Kampoeng Pucang Sawit, Jebres dan milik mantan Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menjadikan keprihatinan tersendiri bagi warga masyarakat Kota Solo.

Taman Sunan Jogokali yang ada di Pucangsawit, Jebres 

Semakin banyaknya bangunan berdiri di bantaran atau di bibir Sungai Bengawan Solo maupun di anak Sungai Bengawan Solo, menjadikan keprihatinan tersendiri, apalagi bagi warga yang berdampak kebanjiran. Dari pemantauan GUGAT news com di lapangan, terdapat puluhan titik lokasi di wilayah Solo Raya yang menempati bantaran sungai, hanya saja sepertinya terkesan pemangku kebijakan tak mampu mengatasinya.

Adanya pelanggaran yang terus berkembang itu seolah mereka para pejabat Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) bungkam alias tutup mulut, serasa enggan untuk memberikan keterangan kepada awak media yang harus disampaikan ke masyarakat luas.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS)

Terlebih lagi ketika adanya taman rekreasi di wilayah Pucangsawit, Jebres yang dibangun oleh mantan pejabat Kota Solo, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang menempati pada bantaran Sungai Bengawan Solo, sepertinya pejabat BBWSBS tidak bersedia berkomentar tentang adanya bangunan Taman wisata kuliner dan air Sunan Jogokali itu.

" Wah ini politik, saya tidak mau jawab. No comment," jawab Sub Koordinasi Perencanaan Operasi dan Pemiliharaan BBWSBS, Herawati Ana Purwaningsih ketika ditanya sejumlah awak media di Karanganyar, beberapa waktu lalu.

Herawati terkesan enggan tidak mau menjelaskan tentang banyaknya bangunan yang berdiri di atas bantaran sungai yang terjadi dimana-mana, baik di Sungai Bengawan Solo, anak Sungai Bengawan Solo, seperti di Sungai Premulung, Sungai Jenes dan anak Sungai Bengawan Solo lainnya.

Pejabat BBWSBS itu juga enggan berkomentar tentang kontruksi bangunan yang dibuat untuk Taman Sunan Jogokali rekreasi di wilayah, Kampung Pucangsawit,Jebres yang konon bangunan itu dibuat atas inisiasi mantan pejabat Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang tinggal tidak jauh dari Taman Sunan Jogokali.

Herawati saat berada di Karanganyar tampak mengelak danlebih banyak memaparkan tentang aturan, termasuk BBWSBS hanya mengeluarkan rekomendasi atas pemanfaatan sumber daya airnya. Untuk izin lainnya hingga pemanfatan lahan menjadi kewenangan dinas pemerintah kota terkait.

Masalah keberadaan bangunan yang berdiri di bantaran sungai beserta pemiliknya, ditambahkan Herawati, BBWSBS telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat. "Kalau secara aturan boleh menggunakan sempadan sungai. Dimiliki juga boleh, mau disertifikatkan juga boleh. Tapi, penggunaan mengikuti kaidah," jelasnya. # Yani.

Keraton Surakarta Hadiningrat destinasi wisata di Kota Solo.











Thanks for reading BBWSBS Enggan Tegur FX Hadi Rudyatmo Owners Taman Sunan Jogokali | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS