Malem Anggoro Kasih Di Keraton Kasunanan

Agustus 08, 2023
Selasa, 08 Agustus 2023


 Suasana Malam Anggoro Kasih di Kasunanan. Foto : Yani

GUGAT news.cpm SOLO 

Sepertinya bagi mereka pelaku ngalap berkah, berharap akan Rahmad dan Rudhlo Ilahi Rab, Allah SWT melalui kegiatan spiritual dan ritual di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bukan hanya saat jatuhnya Bulan Syura atau Muharram saja, melainkan pada hari tertentu, semisal Malem Anggoro Kasih. Selasa dan Jumat Kliwon.

Seperti malam itu, saat GUGAT news bertemu dengan salah seorang pelaku tirakatan, Nanang Semar (49) di Bangsal Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sesuainya mengelilingi tembok Cepuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengakui jika dirinya sudah terbiasa ngalap berkah dengan laku spiritual jalan kaki mengitari keraton.

"Alhamdulillah...saya sudah beberapa kali ini tirakatan ngalap berkah dengan cara laku spiritual jalan tanpa alas kaki mengelilingi tembok Beteng Cepuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada malam hari. Selesai dari shalat Isya di Masjid Paramosono Keraton Sinuhun PB III yang tak jauh dari Kamandungan langsung jalan," ujarnya.

Ternyata apa yang dikerjakan Nanang Semar ini, juga banyak dilakukan oleh pelaku spiritual lainnya. Hanya saja, berbeda hari dan waktunya saja. Namun, kebanyakan dilakukan pada malam hari. Bisa jadi lantaran menilik suasana yang tidak ramai dan panas. Pastinya, malam hari lebih nyaman dan khusyuk.

"Alhamdulillah...bagi saya pribadi, ritual mubeng keraton ini banyak manfaatnya, apalagi kerejekian. Rejeki bukan hanyalah uang belaka melainkan banyak hal, termasuk kesehatan. Saya jadi lebih sehat dengan setiap malam Anggoro Kasih, Selasa dan Jumat Kliwon mubeng Beteng Cepuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Juga rejeki Sangkan Paran dari Allah SWT selalu ada," ujar Nanang Semar.#Yani


Thanks for reading Malem Anggoro Kasih Di Keraton Kasunanan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS