Segera Direvitalisasi Alun alun Lor dan Kidul Keraton Solo

Agustus 02, 2023
Rabu, 02 Agustus 2023


 Pohon Beringin Kurung yang ada di Alun-alun Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com SOLO

Setelah beberapa hari lalu digelarnya pertemuan sekaligus persetujuan hingga ketok palu di antara Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan Mas Wali Gibran Rakabuming Raka, terjadilah kesepakatan bersama untuk segera merevitalisasi keraton.

Bahkan pertemuan tidak hanya berjalan di situ saja, tak lama kemudian Mas Wali Gibran Rakabuming Raka menyempurnakan pertemuan nya dengan menjalin silaturahmi dengan salah satu Putri Ndalem Sinuhun PB XII yang sekaligus selaku Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA), Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah atau yang akrab dipanggil Gusti Mung.

Bisa jadi, revitalisasi Segera akan dilaksanakan padat tahun ini atau sekurang-kurangnya pada pertengahan bulan September atau awal Oktober. Revitalisasi akan dimulai secara bersamaan dengan dibenahinya Alun-alun Lor dan Kidul. Dirapikan kembali seperti semula. Taman parkir dan pedagang kaki lima direlokasi di sekitar keraton.

Baik Alun alun Lor dan Kidul dikembali seperti tempo dulu. Tanah lapang yang luas, dahulu dipergunakan untuk latihan prajurit berperang, kini dikembalikan sebagai Alun alun yang indah seperti dulu. Bisa jadi hanya tinggal pohon Beringin Kurung saja yang tidak akan pernah dipindahkan. 

Rumput gersang dan mengering itu akan diganti dengan pasir lembut yang diambil langsung dari pantai laut kidul. Bisa jadi, selesai revitalisasi kedua Alun alun baru selanjutnya masuk ke dalam Beteng Baluwarti ataupun juga Beteng Cepuri keraton. Diperkirakan dana yang akan digelontor oleh Pemkot Solo tidak kurang 35 Milyar. #Yani

Thanks for reading Segera Direvitalisasi Alun alun Lor dan Kidul Keraton Solo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS