Semoga Revitalisasi Menyasar Berdirinya Ndalem Kepatihan

Agustus 05, 2023
Sabtu, 05 Agustus 2023


       Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com DOLO

Revitalisasi yang dalam waktu dekat terhadap Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat oleh Mas Wali Gibran Rakabuming Raka, diharapkan banyak menyasar akan bangunan keraton yang mulai butuh perhatian tersendiri. Satu diantaranya, Ndalem Kepatihan.

Adalah Ndalem Kepatihan yang sudah pernah masuk rencana revitalisasi, renovasi dan perbaikan hingga kini tiada pernah terealisasi. Saat itu, menurut rencananya, adalah bangunan bekas Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Saraswati yang bersebelahan dengan Ndalem Gondorasan, dapur utama Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Dalam pemantauan GUGAT news, bukannya ada semacam tanda tanda adanya pembangunan bekas gedung SMEA Saraswati untuk diperuntukkan sebagai Ndalem Kepatihan baik itu revitalisasi ataupun renovasi malahan pintu utama masuk ke Gedung SMEA Saraswati tertutup rapat. Digembok dari luar. 

Dari informasi selanjutnya, GUGAT news berusaha untuk mengkonfirmasikan kebenaran info dari seorang Kanjeng Pangeran yang keberatan untuk disebutkan namanya. Ternyata apa yang disampaikan benar adanya. Ya Ndalem Kepatihan atau Maha Menteri yang di jabat oleh Panembahan Agung ternyata ada di rumah milik Moeryati Sudibyo. Sasono Purnomo Badran.

Setelah Ndalem Kepatihan Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini ada di Kampung Badran yang jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gedung SMEA Saraswati pun hingga kini urung dipakai. Akibatnya, malahan mangkrak.

 "Dulunya rencana Ndalem Kepatihan PB XIII akan dibangun di bekas Gedung SMEA Saraswati, hanya saja entah apa sebabnya tidak jadi dibangun. Ya akhirnya beliau Panembahan Agung mengantor di Ndalem Sasono Purnomo Badran hingga sekarang ini," jelas KP Bambang Pradhoto Nagoro SH. #Yani

Thanks for reading Semoga Revitalisasi Menyasar Berdirinya Ndalem Kepatihan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS