133 Tahun Museum Radya Pustaka Surakarta Gelar Festival Rajamala

Oktober 25, 2023
Rabu, 25 Oktober 2023


 Museum Radya Pustaka tertua di Indonesia. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Nanti, tepat pada hari Sabtu (28/10) bertepatan dengan jatuhnya usia ke 133 tahun museum tertua di Indonesia itu, Museum Radya pustaka (28/10/1890) didirikan oleh beliau Kanjeng Raden Adipati (KRA) Sosrodiningrat IV Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lahan tanah yang ada di Kebon Rojo Sriwedari tersebut dibeli oleh Sinuhun Paku Buwono (PB) X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari seorang Belanda Johannes Busselar. Oleh beliau Sinuhun PB X bangunan museum Radya Pustaka langsung dijadikan menjadi satu bagian dari berdirinya Kebon Rojo Taman Sriwedari.

Bisa dipastikan lagi, ratusan bahkan hingga ribuan koleksi yang dipamerkan di museum tertua di Indonesia itu memiliki nilai heritage, bersejarah yang sangat tinggi. Jelasnya, usia sudah ratusan tahun. Bahkan konon ada helain rambut dari Sang Budha Sidharta Gautama. Piring Dinasti Ming hingga kado dari Napoleon Bonaparte.

Bukan hanya itu saja, barang barang antik, kuno dari berbagai daerah di Indonesia, semacam senjata keris, tombak, trisula dan pedang serta topeng, mahkota raja, gamelan, wayang kulit setinggi orang dewasa berdiri, jam panggung Keraton Kartasura Hadiningrat Sinuhun PB I. Pastinya, masih banyak koleksi bersejarah lainnya.

Ruang bekas kantor dari salah satu Putra Ndalem Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Panembahan Hadiwijoyo. Yang lebih menarik lagi dan kini menjadi mascoeumsekaligus dikenal dunia, adalah Hiasan ukiran patung Canthik Rojomolo yang kemarin Selasa (24/10) Dijamas. "Sudah 30 tahun Kyai Rajamala itu tidak dijamas," papar Kanjeng Raden Adipati (KRA) Aris Warsito Yudhonagoro.

Tahun ini, lanjut Kanjeng Aris, sapaan akrab KRAT Aris Warsito Yudhonagoro, ulang' tahun museum sekaligus dibarengkan dengan Festival Rojomolo yang juga digelar Jamasan Kyai Rajamala. Selain pameran koleksi museum Radya Pustaka selama 24-28 Oktober juga diadakan kegiatan budaya serta disediakan jajanan kulineran dari berbagai UMKM dari Soloraya. #Yani.

Thanks for reading 133 Tahun Museum Radya Pustaka Surakarta Gelar Festival Rajamala | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS