Napak Budaya Samanhoedi

November 11, 2023
Sabtu, 11 November 2023


 GUGAT news.com SOLO

Kepada GUGAT news.com yang menjumpai di area Napak Budaya Samanhoedi Kalurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Ir Hernot Sarwani, salah satu panitia mengatakan, jika kegiatan dimulai dari (9-11 November). 

Dimulai dari ziarah ke makam Penggagas adanya Sarekat Dagang Islam (SDI) yaitu KH Samanhudi di Desa Banaran, Grogol, Sukoharjo. Tepatnya di sebelah selatan bekas Bandar Kabanaran yang merupakan pelabuhan sungai di jaman Kasultanan Pajang abad 15 silam.

" Kami perangkat Desa Kalurahan Sondakan, panitia acara Napak Tilas Samanhudi dan warga Kalurahan Sondakan, sore itu Kamis (9/11) yang dilanjutkan tasyakuran di bekas Kalurahan Sondakan yang lama. Barulah acara kami lanjutkan di Kalurahan Sondakan yang baru, di jalan Agus Salim," terang Ir Hernot Sarwani.

Ditambahkan, Hernot, panggilan akrab Ir Hernot Sarwani, acara kami selenggarakan dengan menggandeng UMKM setempat. Baik kulineran juga handycraf, kerajinan. Sebelumnya digelar pula lomba melukis tampah dari setiap Rukun Warga ( RW). Setidaknya ada 15 RW. Langsung di pamerkan di lokasi Kalurahan Sondakan yang baru.

Sebagai puncak acara nya, Sabtu malam (11/11) dengan gelaran Wayang kulit bersama Ki Dalang Ki Bagong Pujiono (Dosen ISI Surakarta) dengan lakon Samanhudi Winisudho di halaman Kalurahan Sondakan. " Sekaligus puncak acara dan penutupan Napak Tilas Samanhudi 2023," pungkas Ir Hernot Sarwani. #Yani.

Thanks for reading Napak Budaya Samanhoedi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS