Pedagang Kaki Lima Khawatirkan Usainya Revitalisasi Alun alun Kidul

April 19, 2024
Jumat, 19 April 2024


 Suasana Revitalisasi Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Kamis siang sekitar pukul 13.00 (18/4) suasananya di Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bersamaan dengan kegiatan revitalisasi, tampak gersang dan panas sekali. Untungnya, dari ratusan pedagang kaki lima atau kulineran yang biasa mangkal masih ada dua penjual. Angkringan dan Es Degan Kelapa muda.

Ratusan pedagang kaki lima yang biasa mangkal di seputaran Alun alun Kidul, kini sudah tiada. Mereka berdagang di tempat lain yang tidak jauh dari lokasi revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini. Ada yang di Pasar Klewer, Gladag, Solo Baru serta Cemani. Mereka masih menunggu akan keputusan boleh tidaknya nanti berjualan lagi setelah usai revitalisasi.

"Alhamdulillah...saya masih diperkenankan berjualan angkringan di sini, juga itu es degan kelapa muda, lantaran untuk memenuhi kebutuhan mereka para tenaga bangunan. Hanya saja, lokasinya di pinggir dekat tembok Beteng Baluwarti, bukan di trotoar Alun alun," cerita Agus yang juga masih berharap nantinya masih bisa berdagang di Alun alun selesai revitalisasi.

Memang ada ratusan pedagang kaki lima yang mengelilingi Alun alun Kidul tersebut pada berjualan di tempat lain, namun ada pula beberapa pedagang kulineran yang masih ada di dekat Alun-alun. Tepatnya berada di sisi barat dari Sitihinggil Kidul, mepet pada dinding Beteng Baluwarti. Pastinya tidak seramai saat berjualan di trotoar Alun alun Kidul. Masalahnya akses masuk ke Alun alun ditutup total.

"Yah samalah, sepi meski kami buka sampai jam 21.00 karena untuk memenuhi apa yang menjadikan permintaan tenaga butuh bangunan. Lain halnya yang berdagang kulineran anak anak di samping Sitihinggil Kidul. Kalau sore tetap ada pembeli sambil melihat kebo bule yang di kandangkan di Sitihinggil Kidul," jelas Agus.

Sekalipun akses masuk ke Alun alun Kidul tertutup karena revitalisasi, malahan Mbak Kangkung yang jualan sayur kangkung untuk diumpan sebagai makanan Kebo Bule justru laris pembeli yang datang dengan keluarganya. Pasalnya, akses hanya bisa masuk sampai Sitihinggil Kidul saja. Mungkin pedagang kangkung nantinya tidak terdampak usai revitalisasi.

"Yang kami khawatirkan, nantinya semoga saja masih diperkenankan untuk jualan di sekitar Alun-alun Kidul. Setidaknya diberikan solusi terbaiknya agar kami juga tetap bisa berdagang. Mungkin dengan pembenahan Selter atau bagaimana, kami hanya bisa berharap masih bisa berdagang," harap Agus. #Nin.


Thanks for reading Pedagang Kaki Lima Khawatirkan Usainya Revitalisasi Alun alun Kidul | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS