Rotary Kartini Solo Bancakan Bersama Buruh Gendong Pasar Gede

April 22, 2024
Senin, 22 April 2024


 Rotary Kartini Solo rayakan ultah 32 tahun dan Bancakan Bersama Buruh Gendong Pasar Gede Harjonagoro Solo.

GUGAT news.com SOLO

Tepat pukul 10.00 WIB, Senin (22/4) suasana di depan pintu masuk ke Pasar Gede Harjonagoro, tampak ramai tidak seperti biasanya. Bahkan meja panjang berisikan Nasi Tumpeng Kuning, Tumpeng urab uraban, trancam serta gudangan dan puluhan jenis jajanan pasar menutup area pintu masuk ke pasar.

"Hari ini selain merupakan hari ulangtahun yang ke 32 Rotary Kartini Solo, sekaligus kami memperingati Hari Kartini pula. Sehingga pagi ini kami gelar syukuran makan nasi Bancakan Bersama Buruh Gendong Pasar Gede Harjonagoro. Dari ibu ibu gendong juga bapak serta tukang becak, kami sediakan 250 nasi Bancakan," ujar Eni Werdiningsih, selaku Presiden Rotary Kartini Solo.

Sebelumnya, lanjut Eni Werdiningsih, pihaknya sudah biasa menggelar acara kegiatan sosial lain nya. Terkadang di Pasar Legi atau tempat lainnya. Bahkan tak jarang Rotary Kartini Solo juga biasa menggelar bakti sosial semacam pemberian Sembako. "Hari ini acaranya makan Bancakan Bersama Buruh Gendong Pasar Gede dulu serta tukang becak," jelasnya.

Sehingga tidaklah mengherankan lagi, jika tidak lebih dari satu jam, beberapa Tumpeng Nasi Kuning, Tumpeng Nasi Uraban, Trancam serta Gudangan dan ratusan jajanan pasar dari berbagai jenis makanan gorengan dan tradisional ludes habis diterima mereka para ibu-ibu buruh Gendong dan tukang becak. Tidak ketinggian pula, buah buahan pun tidak tersisa.

"Alhamdulillah...rasa syukur ini bisa kami nikmati bersama ibu ibu tangguh serta bapak selaku penjual jasa angkut barang di Pasar Gede Harjonagoro juga bapak tukang becak yang biasa mangkal di depan pintu masuk pasar. 250 pincuk, piring terbuat dari daun pisang juga habis tak tersisa," ungkap Eni Werdiningsih, bangga bisa berkumpul dengan Ibu ibu buruh Gendong Pasar Gede Harjonagoro.

Dalam kesempatan itu, hadir di tengah-tengah Rotary Kartini Solo, salah satu Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono  (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Timur Rumbai Dewayani yang langsung disalami ibu ibu sambil mengucapkan selamat hari raya idul Fitri Mohon maaf lahir dan batin.

" Ini perlu diapresiasi tersendiri lantaran cukup menarik, syukuran makan bersama nasi Bancakan dengan ibu ibu buruh Gendong yang bisa jadi jarang makan seperti Nasi Tumpeng Kuning, Tumpeng urab uraban serta beragam jajanan pasar," tutur GKR Timur Rumbai Dewayani yang kedatangannya tidak sengaja, kebetulan pas saat mau belanja ke Pasar Gede Harjonagoro. # Yani.


Thanks for reading Rotary Kartini Solo Bancakan Bersama Buruh Gendong Pasar Gede | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS