Sunan Kalijaga Dan Riyoyo Bakdo Kupat

April 16, 2024
Selasa, 16 April 2024


 Kupat, ngaku Lepat. Mengakui bersalah

GUGAT news.com SOLO

Tidaklah seperti akan datangnya Lebaran 1 Syawal yang diwarnai dengan suara gema takbir di seantero penjuru tanah air, tidaklah demikian dengan menjelang datangnya Bakdo lebaran Kupat. Ada gema takbir, namun tiada kupatan.

Ya, besuk pagi hari Rabu (8/4) datangnya hari Riyoyo Bakdo Kupat. Sehingga tidaklah mengherankan lagi jika suasana di berbagai pasar tradisional ramai pembuat, penjualan dan pembelian selongsong kupat. Tiada gema takbir, namun ramai kupatan.

Riyoyo Bakdo Kupat sendiri merupakan peninggalan sejarah budaya adiluhung leluhur dari Kanjeng Sunan Kalijaga bersamaan dengan masyhur nya Kerajaan Islam Demak Bintaro abad 15 silam. Meski sudah ratusan tahun, namun tradisi itu masih tetap saja ada.

Bukan tanpa alasan, jika ritual tradisional yang penuh warna Islam itu masih eksis hingga sekarang ini. Riyoyo Bakdo Kupat sendiri memiliki makna filosofi pelajaran yang sangat bagus dan Islami. Tidak menyimpang dari Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah Muhammad Saw.

Adalah Gusti Pangeran Haryo ( GPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat,  Kupat, bermakna kan ngaku lepat, mengakui akan kesalahannya. Kupat terbuat dari Janur, memiliki makna cahaya dari Ilaihi.

Berisikan beras putih, suci bersih kembali fitrah setelah sebulan penuh berpuasa ditambah lagi 6 hari puasa Sunnah Syawalan. Lengkap sudah, hanya berpuasa 30 hari ditambahkan 6 hari puasa Syawal, sama halnya dengan berpuasa selama 1 tahun. Puasa Ramadhan berpahala kan 300 sedangkan Syawal berpahala 60. Pas 360.

Kupat, bisa bermakna papar. Rukun Islam yang ke 4 adalah berpuasa. Sehingga selama berpuasa, ada 4 keistimewaan pahalanya. Lebaran 1 Syawal, telah menyelesaikan puasa Ramadhan. Selanjutnya Luberan, saling berbagi rejeki sesama setelah selesainya puasa Ramadhan.

Sedang yang ke 3 Leburan, lebur sudah dosa dosa selama ini diperbuat setelah melakukan saling berjabat tangan bernaaf maafan. Taqoballahu Minna Wa Minkum, Semoga amalan kita semuanya diterima oleh Allah SWT. Terakhir, Laburan yang bermakna putih, sehingga kembali dirinya putih bersih. #Nin.

Thanks for reading Sunan Kalijaga Dan Riyoyo Bakdo Kupat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS