Hari Ini Karaton Pajang Gelar Haul Joko Tingkir

Februari 09, 2020
Minggu, 09 Februari 2020
Kanjeng Raden Tumenggung (KRT). Dr. H. Andi Budi Sulistijanto, SH. M.ikom, didampingi Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV Kasultanan Pajang. Foto ; N 1 A
----------------------------------------------------GUGAT86.com. Sukoharjo. Dimaksudkan guna mengenang masa kejayaan Sultan Hadiwijaya, sekaligus menteladani ke Islamannya yang dikenal sebagai Joko Tingkir Raja Kerajaan Pajang 438 tahun lalu, pagi ini, Minggu (9/2) Kasultanan Pajang menggelar ritual haul Joko Tingkir. " Ini kali pertama Kasultanan Pajang menggelar ritual haul Joko Tingkir. Insyaallah, nanti kami akan menggelar setiap tahunnya,"papar KRT. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto SH. M.ikom, selaku konsultan Kasultanan Pajang.
     Lebih lanjut dijelaskan Kanjeng Andi, panggilan akrab KRT. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto SH. M.ikom, baru pertama kali, bisa jadi ritual haul Joko Tingkir digelar cukup sederhana. Dimulai dari pukul 09.00 WIB, para tamu undangan serta para santri sudah berada di lingkungan Karaton Pajang. Barulah acara yang rencananya dibuka oleh Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Widjaja SH. MH. Tak lama kemudian, sambutan diteruskan oleh Kanjeng Andi, selaku Ketua Panitia ritual haul Joko Tingkir.
     Selesai shalawat yang dilakukan oleh mereka para santri dari pondok pesantren Ad Dhuha, barulah dilakukan rehat sejenak. Menikmati makan siang bersama, yang dilanjutkan pula salat dluhur Berjamaah di Masjid Agung Surajiwan Kasultanan Pajang. " Bisa jadi, acara kami dalam ritual haul Joko Tingkir ini cukup sederhana. Yang pasti syariah Islamnya terpenuhi, Alhamdulillah...!"jelas Kanjeng Andi, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Sumberdaya NU ( Lakpesdam NU.
     Sebagai acara puncaknya, acara dilanjutkan menuju ke makam Joko Tingkir yang berada  di wilayah Desa Butuh, Plupuh, Sragen, untuk berziarah. Dalam hal ini, tidak kurang dari sepuluh mobil disediakan oleh panitia yang dikawal oleh polisi. "Pembukaan ritual haul dari Kasultanan Pajang, kami akhiri sampai di makam Sultan Hadiwijaya yang terkenal Raja Islam pertama di Surakarta dan mewariskan Dinasti Mataram Islam Keraton Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Keraton Yogyakarta Hadiningrat," papar Kanjeng Andi. # Yan 1.
            --------868686----------
   

Thanks for reading Hari Ini Karaton Pajang Gelar Haul Joko Tingkir | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS