Presiden Joko Widodo pun Disurati Masalah Gunung Lawu

Februari 11, 2020
Selasa, 11 Februari 2020
BRM Kusumo Putro SH MH, Ketua Umum Dewan Pemerhati dan Penyelamat Seni Budaya Indonesia ( DPPSBI) Jawa Tengah, Gunung Lawu Harus Menjadi Kawasan Cagar Budaya. Foto : Dokumen Pribadi.
----------------------------------------------------GUGAT86.com. Karanganyar. Ditemui di rumahnya Kuantan, Gonilan, Colomadu, Karanganyar, BRM Kusumo Putro SH MH, selaku Ketua Umum Dewan Pemerhati dan Penyelamat Seni Budaya Indonesia (DPPSBI) Jawa Tengah, rasanya sah dan wajar saja, jika kekeh tekad pendiriannya dan semangat mendampingi masyarakat warga Gunung Lawu untuk menjadikan Gunung Lawu sebagai kawasan cagar budaya. "Apapun resikonya, Lawu harus masuk sebagai kawasan cagar budaya," tegasnya.
     Sebagai konsekuensinya, lanjut Kusumo, panggilan akrab BRM Kusumo Putro SH MH ini,  bukan hanya memohon kepada Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Timur, DPRD Jawa Timur, Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah dan Jawa Timur, Bupati yang membawahi Gunung Lawu untuk segera menetapkan Gunung Lawu sebagai kawasan cagar budaya, melainkan juga memohon kepada Presiden Joko Widodo.
     Diharapkan dengan turut berperan aktifnya para pejabat dalam melestarikan hutan Gunung Lawu, berikut flora fauna serta situs situs Cagar Budaya yang berada di dalamnya agar tetap terjaga dengan baik dan lestari. "Tak ada salahnya para pejabat negara ini turun gunung, melakukan kajian, evaluasi kembali secara menyeluruh, bisa segera mewujudkan keinginan masyarakat, ditetapkannya Gunung Lawu sebagai kawasan cagar budaya," Harap Kusumo.
     Perlunya mengambil sikap dan tindakan tegas terkait perijinan pemanfaatan hutan Gunung Lawu untuk keperluan bisnis wisata dan kegiatan penunjang lainnya yang kurang ramah dengan alam dan justru berpotensi merusak alam dan lingkungan yang ada serta tidak berbasis budaya dan kearifan lokal. "Semoga tindakan bijak dari mereka para pejabat, Gunung Lawu secepatnya terwujud menjadi kawasan cagar budaya nasional," ujar Kusumo sambil menambahkan, kalau sudah begitu, tinggal menjaganya. Karena Gunung Lawu adalah milik bersama, masyarakat Indonesia. # Yan 1.
           ----------868686-----------
   
   

Thanks for reading Presiden Joko Widodo pun Disurati Masalah Gunung Lawu | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS