Sukoharjo Perlu Waspadai Tenaga Kerja Asing

Februari 10, 2020
Senin, 10 Februari 2020
BRM Kusumo Putro SH MH, Pengacara yang tergabung di Peradi Solo ini mengkhawatirkan maraknya keluar masuk tenaga asing yang tidak jelas. Foto : Dokumen Pribadi.
----------------------------------------------------GUGAT86.com. Karanganyar. Tidaklah berlebihan, jika seorang pengacara yang mengetahui akan hukum dan aturan perundangan nya, memiliki rasa kekhawatiran akan dampak virus Corona yang mematikan itu. " Bermula dari Wuhan, China, saat ini mulai merambah ke Indonesia. Wajarlah kalau masyarakat mulai mengkhawatirkannya," papar BRM Kusumo Putro SH MH.
     Siang itu, Minggu (9/2) di rumahnya Kuantan, Gonilan, Colomadu, Karanganyar, Kusumo, sapaan akrab BRM Kusumo Putro SH MH, berbincang santai dengan awak media. " Bukannya kita mau menggurui pemerintah, apalagi memerintah, setidaknya urun rembuglah sebagai rakyat," ujar Kusumo sambil tersenyum.
    Sebaiknya, Kusumo mengawali perbincangannya, bukan hanya Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Sukoharjo saja, melainkan Pemkab, Pemkot yang lainnya. Khususnya yang wilayahnya banyak memiliki lahan pabrik berskala besar. Untuk di Soloraya ini, bisa jadi Pemkab Sukoharjo lah yang banyak mempunyai wilayah untuk dipergunakan sebagai pabrik dan memperkerjakan tenaga asing.
     Sehingga dalam hal ini, selaku pengacara anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Solo, menyarankan jika Pemkab Sukoharjo melalui dinas terkait, seperti tenaga kerja yang bisa bekerjasama dengan Imigrasi serta DPRD mengambil langkah untuk melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke perusahaan perusahaan yang ada di wilayah Sukoharjo. Tentunya yang disinyalir banyak menggunakan tenaga asing. Khususnya China.
     Disamping itu, masih menurut penuturan Kusumo, perlu diadakannya  inventarisasi, mendata ulang kembali berapa jumlah tenaga asing yang diperkerjakan. Khususnya yang dari negeri China. "Tanpa bermaksud menuduh, disini perlunya pencegahan lebih dini daripada mengobati. Bahkan Virus Corona yang mematikan inilah belum ada obatnya,"tegasnya
     Yang paling penting, ditambahkan Kusumo, selain menginvestasikan dengan cara mendata ulang kembali, sehingga yang menjadikan maksud dan tujuannya tercapai. Artinya, berapa jumlah tenaga asing, khususnya yang berasal dari China, bisa diketahui pastinya jumlah mereka. "Disini, juga perlunya dilakukan pemeriksaan secara intensif," tandas Kusumo, serius. # Yan 1
           ---------868686---------
   

Thanks for reading Sukoharjo Perlu Waspadai Tenaga Kerja Asing | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS