Drs H Zulfikar Husain : Kini Saat Yang Tepat Alokasikan Dana Masjid Untuk Kemaslahatan Umat

Maret 24, 2020
Selasa, 24 Maret 2020
Drs H Zulfikar Husain, Ketua Syi'ar Islam Kampung Batik Laweyan, Solo. Kini saatnya yang tepat untuk mengalokasikan dana masjid untuk kemaslahatan umat. Foto : Yan 1.
-----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta. Pagi itu, Selasa (24/3) sekitar pukul 09.00 WIB, kepada GUGAT86.com, Ustadz Upik, sapaan akrab Drs H Zulfikar Husain mengungkapkan rasa keprihatinannya menyoal menumpuknya dana kas masjid yang tidak dipergunakan untuk kemaslahatan umat. Maksudnya, bukan hanya masjid yang ada di Kampung Batik Laweyan, Solo, saja, melainkan di berbagai tempat.
     Untuk masjid yang ada di Kampung Batik Laweyan, lanjut Ustadz Upik, sebelumnya masalah ini pernah diutarakan. Hanya saja, masih pro dan kontra diantara mereka para pengurus. Bahkan sampai saat ini tidak ada kejelasan yang pasti, apalagi keputusan. " Saat inilah yang tepat menyalurkan dana masjid untuk kemaslahatan umat, yang saat ini pula banyak membutuhkan bantuan. Paparan Virus Corona,"terang Ustadz Upik.
     Lebih lanjut ditegaskan Ustadz Upik, dana masjid tidak harus dihabiskan melainkan dimaksimalkan penggunaannya demi kepentingan umat dan disisakan secukupnya saja untuk kemakmuran masjid. " Kalau masalah Masjid di kampung batik Laweyan, saya kurang tahu pastinya," tandasnya.
     Hanya saja, masih menurut penuturan Ustadz Upik, khusus untuk Langgar Merdeka, kebetulan dirinya sebagai pengurus yayasan sehingga tahu betul kondisi keuangannya. Bahkan sudah beberapa tahun belakangan ini, telah diterapkan pola penghabisan dana kas Langgar Merdeka untuk kemaslahatan warga sekitar yang kurang mampu. "Alhamdulillah, Langgar Merdeka sudah melakukan penggunaan dananya untuk kemaslahatan tetangga kanan kiri yang berhak," tutur Ustadz Upik serius.
     Saat itu hingga bulan ini, keperuntukannya masih sebatas dana untuk membantu meringankan biaya setiap bulannya. Bisa untuk bayar SPP putra putrinya dan keperluan sedikit sembako. Dana sisa kas lainnya, dipakai untuk kemakmuran Langgar Merdeka. " Tanpa bermaksud riya', takabur dan sombong diri, kepedulian terhadap kemaslahatan umat di sekitar Langgar Merdeka, sudah kami bangun beberapa tahun lalu," jelas Ustadz Upik tanpa bermaksud pamer.
     Bisa jadi, kegiatan ini dilakukan oleh Masjid Laweyan, Baiturrahim dan Al Khirmani yang kesemuanya ada di Kampung Batik Laweyan. Tentu saja, sedekah yang dikeluarkan lebih besar. Mengingat, ketiga masjid itu dipakai Salat Jumat. Tidak demikian dengan Langgar Merdeka. "Selain bantuan dana secukupnya, momentum kali ini tepat sekali diadakan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan paparan Virus Corona. Dari dana kas ketiga masjid itu, pastinya bisa dilakukan seluruh Kampung Batik Laweyan yang luasnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan kalurahan lain di Solo," himbau Ustadz Upik mengakhiri perbincangannya. # Yan 1.
        -------081325995968------

Thanks for reading Drs H Zulfikar Husain : Kini Saat Yang Tepat Alokasikan Dana Masjid Untuk Kemaslahatan Umat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS