Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo : Galakkan Kembali Siskamling Dengan Kentongan Ronda

April 21, 2020
Selasa, 21 April 2020
Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo berbincang santai seputar penyebaran Virus Corona (Covid-19) Solo, diruang lobi Pemkot Kota Surakarta bersama owners Ayam Bakar Wongsolo Grup Drs H Puspo Wardoyo. Foto : Yan 1.
----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta. Bukan tanpa alasan, bila Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menginstruksikan setiap lurah agar menghimbau warganya untuk kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam dengan kentongannya." Aktifkan, giatkan kembali Siskamling di kampung kampung, berikut kentongannya. Dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal disamping pandemi Covid-19," harap Rudy, sapaan akrab Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.
     Ditegaskan Rudy, selain di Kota Solo memang  sepenuhnya belum aman akan Virus Corona, juga saat ini stabilitas keamanan lingkungan kampung  dari gangguan tindakan kriminalitas meningkat di tengah pandemi Covid-19. Sah dan wajar saja, jika orang nomor satu di Kota Bengawan ini menghimbau kepada seluruh warganya supaya memiliki kentongan bambu atau apa saja di rumah.
      Sebagai konsekuensinya, warga juga diminta saling bergantian mengadakan ronda pada malam hari, seperti kebiasaan beberapa tahun silam yang kini sepertinya telah terlupakan, Siskamling untuk mencegah tindak kejahatan." Kita hidupkan Siskamling ini, karena banyaknya laporan pencurian. Setiap rumah harus ada satu kentongannya," papar Rudy, disela sela pertemuannya dengan Puspo Wardoyo yang berniat membantu makan minum bagi pemudik yang dikarantina. Jumat (17/4) siang.
     Dimulai dari pukul 21.00 WIB, warga diminta untuk bergantian memukul kentongan dari rumah masing masing secara periodik. Bisa dilanjutkan pada pukul 22.00 WIB dan 23.00 WIB hingga seterusnya. " Bagi yang kena jatah giliran ronda Keliling, selain membawa kentongannya njuga tetap harus menjaga jarak dan mengenakan masker. Dengan begini, semangat gotong royong menjaga keamanan kampung dan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama,"jelas Rudy, sambil berucap dengan slogan kesehariannya DO MANUTO.
     Ditambahkan Rudy, meningkatnya aksi pencurian ditengarai akibat dampak dari sejumlah narapidana yang kini mendapatkan asimilasi dan pembebasan bersyarat lantaran adanya wabah Virus Corona ( Covid-19) di seluruh Indonesia, tidak terkecuali Kota Solo. "Kembali kita biasakan penutupan portal masuk gang dari pukul 00.00 WIB atau sebelumnya. Selebihnya tetap tinggal di rumah, kecuali ada keperluan mendesak. Siskamling tradisi lama kita hidupkan lagi," pinta Rudy.
     Dalam kesempatan itu, owners Ayam Bakar Wongsolo Grup, Drs H Puspo Wardoyo mengungkapkan, semoga kejadian maraknya tindakan kriminal di berbagai di daerah di Tanah Air ini, tidak akan pernah terjadi di Kota Solo. Kalaupun ada, tidak separah di kota kota lainnya. "Saya dukung sepenuhnya, himbauan walikota untuk kembali menggalakkan Siskamling di kampung kampung," tutur Puspo, panggilan akrab Drs H Puspo Wardoyo sambil tersenyum. # N1NG/ Yan 1.
        

Thanks for reading Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo : Galakkan Kembali Siskamling Dengan Kentongan Ronda | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS