Ipmawan M Iqbal : Hujan

Mei 19, 2020
Selasa, 19 Mei 2020


Kuliah Dhuha

HUJAN

Tidak peduli, siang, senja, malam ataupun fajar, guyuran hujan tak pernah mengenal waktu.Alhamdulillah, di Solo seharian ini kita masih mendapatkan rahmat Allah berupa hujan hingga dhuha menjelang. 

Hujan adlh rahmat Allah, kasih dan sayangNYA. Tanpa rahmat hidup di dunia laksana tanah tandus yg kering. Karena rahmat orang beriman bisa masuk surgaNYA di Akherat. Segala amal dan ibadah diperjuangkan utk didedikasikan turunnya rahmat Allah. 

Hujan bisa membawa suasana positif maupun negatif. Positif bila hujan datang dimaknai membawa air kehidupan utk kita. Apalagi bagi daerah yg sebelumnya krisis air bersih saat tak ada hujan. Negatif bila hujan dipersepsikan bencana, sebagai pemicu utama banjir, tanah longsor. Walaupun hujan bukan satu2nya penyebab bencana.

Ummu Mukminin, ‘Aisyah RA berkata,

انَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya : “Rasulullah SAW saat melihat hujan turun mengucapkan: Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yg bermanfaat." (HR. Bukhari).

Penyebab umum turunnya hujan, menurut alQur'an karena meningkat ketaqwaan kita kepada Allah (lihat QS. Al-A’raf: 96). Rahmat Allah berupa hujan akan turun bila kita bertaubat dari dosa2 dgn banyak beristighfar. Allah Ta'ala berfirman tentang Nabi Nuh AS bahwa beliau berkata;

“Maka aku katakan kepada mereka, "Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sungguh DIA adlh Maha Pengampun. Niscaya DIA akan mengirimkan hujan kepada kalian dgn hebat.” (QS. Nuh: 10-11).

Hujan adalah bukti nyata kuasa Allah bagi siapa pun yg mau merenungkannya. Allah menurunkan air hujan sebagai pembersih badan, menghilangkan bisikan setan (pembersih batin) dan menguatkan keyakinan hati atas pertolonganNYA. (lihat QS alAnfal; 11).

Hujan bukti karunia tak terhingga. Patut disyukuri kehadirannya. Suara irama air hujan, bagian suara alam yg bisa mempengaruhi gelombang alfa di otak. Gelombang yg membawa orang pada kondisi rileks, tenang dan khusyuk. Suasana hujan menyelaraskan antara yg dirasakan, dipikirkan dan dikatakan dlm wujud doa. Doa yg dikabulkan.

Imam Syafi'i dlm kitab _alUmm_ , meriwayatkan dgn sanad mursal, dari Nabi SAW bersabda, "Carilah doa yg dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu iqamah serta ketika turunnya hujan."

Saudaraku musim dan suasana akan berganti, semoga nikmat mendung dan hujan akhir Ramadhan ini adlh pertanda rahmat Allah akan berganti pula kesulitan, susah dan kesempitan bangsa ini menjadi kebahagiaan dan kemuliaan bagi kita semua. Aamiin.

Allahu a'lamu bishowab.

19 Mei 2020/
26 Ramadhan 1441
'

Thanks for reading Ipmawan M Iqbal : Hujan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS