Kembali LSM LAPAAN RI Berbagi Saat Pandemi

Mei 22, 2020
Jumat, 22 Mei 2020

BRM Kusumo Putro SH MH Ketua LSM LAPAAN RI Jawa Tengah bagikan Sembako di Perumahan elit Kuantan, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo. Foto : Achmad.
-------------------------------------------------GUGAT86.com. SURAKARTA. Sudah kali ke delapan nya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Penyelamat Aset dan Anggaran Negara Republik Indonesia (LAPAAN) RI wilayah Jawa, Berbagi Dengan Sesama Itu Indah. Hanya saja, untuk tahun ini sedikit berbeda dari tujuh tahun sebelumnya. " Dulu mereka mendatangi kantor kami di Joglo, Sriwedari tanpa harus pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak satu dengan lainnya. Karena suasana Pandemi covid-19, sedikit berbeda. Kami harus sesuai protokoler kesehatan yang dianjurkan pemerintah," terang Kusumo, sapaan akrab BRM Kusumo Putro SH MH, Jum'at (22/5/2020) pagi.

Setidaknya, dikatakan Kusumo, kali ini ada 15 titik Kampung yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19) yang menjadi sasaran pembagian Sembako nya. Kampung Gonilan, Gatak, keduanya masuk Wilayah Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan yang di Solo, Gandekan Tengen, Bonoloyo, Minapadi, Begalon, Petetan, Baluwarti, Punggawan,  Timuran, Sriwedari, Jagalan, Pucang sawit, Mojosongo dan ada satu di Boyolali. "Selain beras 3 kg juga ada sembako lainnya," ujarnya.

Masih menurut penuturan Kusumo, khusus untuk Panti Asuhan Pamardi Yoga, Aysah Putri, PAKYM dan Lentera, sedikit berbeda. Beras 25 kg dan Sembako lainnya. Akan jumlahnya penerimaan diantara kampung satu dengan lainnya berbeda, hanya jumlah penerimanya saja. Tergantung yang terdampak. Ada 300 penerima, ada pula 200, dan 100 bahkan 50 warga terdampak wabah Virus Corona. "Alhamdulillah...memang belum seberapa, namun perlu kita syukuri semua. 2000 paket bisa diterima tukang parkir, buruh bangunan, supir becak, Ojol bahkan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta janda dan jompo"papar Kusumo mengaku senang bisa berbagi, sekaligus haru, prihatin.

Tanpa bermaksud riya' pamer, sombong diri, sebenarnya bukan hanya disaat menjelang Lebaran iedhul Fitri saja LAPAAN berbagi. Bisa jadi dalam setahun 3-4 kali berbagi sesama. Yang pasti setiap Lebaran iedhul Fitri juga Iedhul Adha. Untuk lebaran haji, setidaknya 10 ekor kambing dibagikan ke masjid dan panti asuhan. Khusus untuk dua hari raya ini tidak boleh terlewatkan untuk berbagi ya. "Semoga saja kebaikan yang sekaligus merupakan perintah Ilahi ini bisa menjadikan suri tauladan tersendiri bagi mereka yang mempunyai harta berlebih. Tidak ada sejarahnya, orang berzakat, sedekah dan infak akan jatuh miskin. Pasti Allah SWT akan menggantinya yang melimpah dan berkah. Sesuai janjinya. Alhamdulillah...disaat Pandemi Covid-19 kami bisa memberikan manfaat kepada sesama yang membutuhkan,"papar Kusumo sambil menarik nafas panjang. Pertanda lega.

Dalam kesempatan itu, Surono (52) buruh bangunan mengaku sangat senang sekali. Setidaknya, dalam sepekan  tidaklah perlu lagi membeli beras untuk makan bersama istri dan ke enam putra putrinya. Tinggal membuat sayur seadanya dan goreng telur. " Meski proyek bangunan sepi, namun saya masih sering dipanggil untuk memperbaiki talang atau sedikit rumah yang perlu direnovasi. Alhamdulillah... Rejeki masih ada meski minim sekali," tuturnya.

Akan halnya Sumarni (38), janda dua anak yang masih kecil kecil itu, merasa sangatlah terbantu sekali. Bisa sepuluh hari hari tidak perlu membeli beras. Cukup membuat sayur ala kadarnya dan gorengan telur. "Alhamdulillah..saya juga masih menerima bantuan dari pemerintah juga orang orang yang peduli di saat suasana seperti sekarang ini. Berapapun pemberian dari siapapun tetap harus kita syukuri," papar buruh cuci ini optimis.

Lain halnya dengan Didik, pemuda yang belum sempat menikah ini harus terkena imbasnya dari adanya wabah Virus Corona. Menjadi pengangguran setelah di PHK dari perusahaannya yang pernah bekerja selama 4 tahun di pabrik. " Hanya dapat pesangon sekali gaji, Rp 2 juta yang kini mulai menipis. Alhamdulillah... beras ini bisa mengurangi biaya hidup setengah bulan."ungkap Didi yang merasa bingung mencari pekerjaan dalam suasana Pandemi covid-19 ini. # Yan 1.

-----00000------










Thanks for reading Kembali LSM LAPAAN RI Berbagi Saat Pandemi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS