Mensiasati Untuk Menggapai Rejeki Di Saat Pandemi Covid-19

Mei 31, 2020
Minggu, 31 Mei 2020


HM. Al Amin SE. Salah satu anggota DPRD Kota Surakarta Fraksi PAN 2019-2024.
-------------------------------------------------GUGAT86.com. SURAKARTA.
Tips Jitu Tetap Produktif dan Menghasilkan Di Masa Pandemi Ala Legislator Solo

Sudah hampir tiga bulan terakhir wabah pandemi covid-19 melanda wilayah Indonesia. Semua lini kehidupan terkena imbasnya, menyasar tiap sektor hingga menjadikan tatanan masyarakat juga mengalami perubahan yang signifikan. Berkait untuk bertahan di masa krisis, masyarakat pun kini sudah mulai berkreasi untuk mencari alternatif pemasukan atau pendapatan, diantaranya dengan berjualan online aneka kebutuhan yang ditawarkan pada akun pribadi di media sosial.

Sejurus dengan hal tersebut H. M. Al Amin SE, anggota DPRD Surakarta, mengatakan bahwa dalam kondisi krisis sekarang ini hendaknya kita tetap harus produktif dan beraktifitas. Saat diminta contoh langkah konkritnya, legislator PAN tersebut memberikan saran kepada masyarakat untuk berinfak dan atau bersedekah. "Anfiquu (berinfaklah, red)", terangnya seraya mengutip kalimat di suatu ayat dalam Al Qur'an. "Itu dari Allah langsung (bukan hadist, red)", tegasnya lagi saat ditemui Rabu malam (26/5).

Ditambahkan bapak dari tiga orang Puteri ini, bahwa infak atau sedekah itu bisa dilakukan oleh siapapun, lintas strata sosial dan juga bisa personal atau komunitas/kelompok. Untuk kelompok masyarakat Al Amin mencontohkan masjid sebagai titik strategis yang bisa diberdayakan dengan lebih maksimal. Menurutnya Takmir masjid bisa melakukan survei dan mendata jamaah yang terkena imbas pandemi kemudian mengelola kas masjid untuk membantu jamaah yang terkena dampak. "Sebaiknya bantuan diberikan kepada jamaah dalam beberapa tahapan", sarannya.

Masih menurut Al Amin, sedekah personal bisa dimulai dengan berkata yang baik, membagikan konten-konten yang positif di media sosial, tidak menyebar hoax dan lain-lain. Bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi yang tanpa penghasilan sekalipun. "Sedekah itu tidak harus dengan harta, bisa dengan tenaga, fikiran, bahkan senyum pun dalam Islam dinilai sebagai sedekah", tandas alumnus Fakultas Ekonomi UGM tersebut.

Al Amin juga menjelaskan bahwa infaq-sedekah merupakan bentuk produktivitas sekaligus solusi di tengah krisis akibat pandemi krisis akibat pandemi. Berinfak adalah perniagaan yang tiada merugi, begitulah yang disebutkan dalam Alquran. "Rizky dan jalan keluar (dari masaah) akan diberikan Allah dari arah yang tidak disangka-sangka", papar Al Amin yang juga merupakan Ketua Fraksi PAN-Gerindra DPRD Solo ini menjelaskan balasan (hasil) dari infaq-sedekah. # V 1 K.

----081325995968-------






Thanks for reading Mensiasati Untuk Menggapai Rejeki Di Saat Pandemi Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS