Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : Orang Tua

Juni 26, 2020
Jumat, 26 Juni 2020



Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal


 ORANG TUA

Orang tua, kata yg mengajari kita makna dari tanggung jawab. Peran orang tua sangatlah dibutuhkan, membentuk buah hati penyejuk jiwa yg sholeh sholehah tidaklah semudah membalikkan tangan. Mereka adlh pahlawan di kehidupan kita.

Orang tua itu mereka yg menjadi jalan keberadaan kita di dunia. Definisi orang tua yg lain adlh mereka yg telah memberikan arti atas kehidupan kita. Mengasihi, mendidik dan memelihara kita saat kecil walaupun bukan orang tua biologis, wasilah kelahiran kita di dunia.

Ibuku, inilah sosok paling keramat di dunia yg Allah karuniakan dan masih hadir. Setiap ada rencana dan harapan yg ingin dicapai, beliau yg pertama harus tahu dan memberi restu. Ridho ibu adlh ridhoNYA. Kemarahan Ibu jg mengundang murkaNYA bagi kita.

Ibu, manusia yg paling tulus mencintai kita di dunia ini, pengorbanannya luar biasa. Bahkan sebesar apapun pengorbanan yg kita lakukan utk beliau tidaklah sebanding dgn yg telah dan akan terus dilakukannya. Namun sayang terkadang di saat kita mendapat kebahagiaan, kita lupa berbagi dgn beliau.

Orang tua adlh pejuang kasih atas anak2 tanpa pamrih. Ayah kita apapun profesinya adlh sosok yg diangkat oleh Tuhan sebagai pemimpin, _qowwamun_ . Tanggung jawab beliau tak ringan; membagi waktu yg tak banyak antara mencari nafkah di tempat kerja dan menemani keluarga di rumah dlm lelah dan letih. 

Ayahku, semoga luas dan lapang tempat kembalimu di alam sana! Beliau telah berpulang menghadapNYA saat usia ini masih 5 thn. Tak mudah menjadi anak yatim. Beruntung ada sosok tauladan yg menggantikannya, kakek yg sangat disiplin dlm beragama, KH Ahmad Musanni almarhum.

Tak akan ada orang tua yg merelakan anak2 mereka lemah. Lemah tubuh, lemah ekonomi, lemah prestasi, lemah intelektual dan lemah iman. (Lihat QS anNisa '; 9).

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ 

Ya Allah, ampunilah aku dan ibu bapakku (QS Nuh; 28)

رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Ya Allah, kasihilah mereka berdua sebagaimana kasih sayang yg diberikan  utk kami waktu kecil (QS alIsra; 24).

Allahu a'lamu bishowab.

25 Juni 2020/
4 Dzulqa'dah 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin* 
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani.

-----081325995968-------



Thanks for reading Kajian Islam Ustadz H Ipmawan M Iqbal : Orang Tua | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS