Srikandi Purwosari Kini Turut Siskamling Di Saat Pandemi

Juni 05, 2020
Jumat, 05 Juni 2020

Bisa jadi, Srikandi Purwosari,  Laweyan, Solo ini merupakan pelopor Siskamling wanita di Indonesia kali pertama.
-------------------------------------------------GUGAT86.com. SURAKARTA.
Sepertinya kedengarannya janggal, ronda sistim keamanan dan lingkungan (Siskamling) dilakukan oleh wanita, ibu ibu khususnya. Namun itulah kenyataannya yang malam itu, Selasa (2/6/2020) dilakukan oleh Srikandi Srikandi, ibu ibu Kalurahan Purwosari, Laweyan, Solo. Delapan ibu ibu melakukan ronda malam, berjalan sambil menabuh kentongan bambu mengitari Kampung Purwosari.

Malam itu, dipimpin langsung oleh Suharti SH selaku Lurah Purwosari, didampingi ibu ibu RW 02, RW03, RW 04 dan RW 05, tidak kurang 8 anggota yang juga dikawal Linmas Kalurahan berjalan menyusuri dari gang satu ke gang lainnya. Ronda dimulai dari pukul 21.00 WIB-00.00 WIB, selanjutnya diteruskan oleh regu bapak bapak seperti pada umumnya. "Selain saya, juga ada Ibu Ketua RW, Ketua RT dan Ketua TP PKK. Kami keliling di beberapa RW," terang Suharti SH.

Sebenarnya, dikatakan Suharti SH, kegiatan ronda malam yang anggotanya ibu ibu rumah tangga di wilayah Kalurahan Purwosari, sudah berjalan beberapa hari di saat Pandemi Covid-19 Solo. Seperti pada umumnya, ronda berjalan berkeliling dari satu pos ronda ke pos ronda berikutnya yang ada di Kampung Purwosari."Tujuan kami, untuk memberikan support, semangat kepada bapak bapak dalam beronda. Mengingat, maraknya tindakan kriminal di saat Wabah Virus Corona,"tegas Suharti sambil menambahkan jika keamanan di wilayah Kalurahan Purwosari, aman terkendali.

Dalam kesempatan itu, Sri Maryati, salah satu peserta ronda ibu ibu mengaku sangat senang. Pasalnya, selain bisa turut berpartisipasi menjaga keamanan Kampung yang biasanya dilakukan oleh bapak bapak, sekaligus berharap kegiatan positif ini bisa direspon oleh kalurahan lainnya. " Emansipasi kaum wanita di saat Pandemi Covid-19. Khususnya di Kota Solo," papar Sri Maryati, semangat dan bangga. # Yan 1.
-----081325995968------

 







Thanks for reading Srikandi Purwosari Kini Turut Siskamling Di Saat Pandemi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS