Tom Yam Dipadu Bakso Bakar Solusi Tubuh Bugar Dan Tidak Melebar

Juni 27, 2020
Sabtu, 27 Juni 2020

Tom Yam sebagai sayurannya, baksonya bakar bisa dipakai sebagai pengganti nasi. Karbohidrat. Foto : V1N.
-------------------------------------------------
GUGAT86.com. SURAKARTA. Boleh jadi, kuliner yang ada di Jalan dr Rajiman, Bumi, Laweyan, Solo, atau tepatnya 50 meter di sebelah timur SPBU Kabangan, Bumi, Laweyan ini, merupakan sarana makan yang tepat bagi mereka remaja putri, ibu ibu atau bahkan bapak bapak yang berperut buncit. Artinya, outlet Warung Babe Qu (Bawa Berkah Qu) milik Abdul Kholiq ini, bisa dijadikan rujukan tersendiri dalam melakukan diet karbohidrat. Kenyang dan menyehatkan sekaligus tidak menjadikan gemuk. Apalagi tumbuh melebar mekar."Insyaallah...Tom Yam, SOP sayur ala negeri Thailand ini, merupakan alternatif kuliner yang sedang diet ketat nasi atau takut kegemukan,"jelas Abdul Kholiq yang di kenal sebagai ahli masak berbagai jenis masakan dan pembuat saos rempah.

Masih menurut penuturan Kholiq, sapaan akrab Abdul Kholiq, kedai Tom Yam yang dibuka sejak awal 2018 itu, bermula setelah dirinya melepaskan dari pekerjaannya sebagai leasing, meski bergaji besar selaku kepala cabang. Gaji besar yang bersentuhan langsung dengan hukum Allah SWT, riba, mau tidak mau kudu dilepaskan kalau benar ingin mendapatkan Ridhlo Ilahi serta penghasilan yang berkah, halallan thayibban. "Selama 13 tahun merintis karier di dunia leasing, sehingga menjadikan posisi strategis, Kepala cabang. Bukannya bahagia dengan gaji besar, melainkan senantiasa resah dan gelisah," tandas Kholiq sambil menambahkan, jika saat itu langsung keluar dari pekerjaan leasing dan banyak bergaul dengan temannya pelaku jasa kuliner dan berhasil.


Salah satu pelanggan Tom Yam dan bakso bakar Babe Qu. Foto : V1N.
------------------------------------------------
Alhamdulillah, lanjut Kholiq, 13 tahun bekerja sebagai leasing, menjadikan dirinya mulai berpikir, banyak uang namun kok saja terus merasa kurang. Begitu keluar dari pekerjaan sebagai pimpinan tukang tagih (DC), mulailah bergaul dengan rekanan kuliner yang syar'i ah. Dan saat itulah terilhami oleh wujud pergaulan yang Islami tersebut. Berpikirlah dirinya untuk membuka jasa usaha kuliner. Bukan tanpa alasan, sesuai dengan keahliannya meracik masakan, tanpa pikir panjang lagi dibukalah outlet Bakso bakar. "Alhamdulillah... Bakso bakar dengan sajian bumbu saos rempah, membuat citra rasa tersendiri bagi pelanggan," terang Kholiq yang setiap harinya juga menerima pesanan saos rempah Babe Qu hingga puluhan liter.

Alhamdulillah nya lagi, tambah Kholiq, meski disaat tengah Pandemi Covid-19 melanda dunia tanpa terkecuali Indonesia, Kota Solo khususnya, tidak begitu besar dampak yang dirasakan dari usaha kuliner nya. Semula setiap harinya tidak kurang 400-500 tusuk sate Bakso bakar yang Setiap tusuk ada 3 biji bakso, sehingga tidak kurang 1200-1500 biji bakso, diwaktu wabah Virus Corona, memang sedikit menurun. Sekitar 300-350 tusuk. Jadi, sekitar 900-1000 an biji bakso yang setiap tusuk seharga Rp 2.000 berisikan 3 butir bakso daging sapi.

Bakso bakar ini, kembali Kholiq menuturkan, biasanya oleh pembeli pelanggannya dipakai sebagai pengganti nasi atau karbohidrat, dimakan bersama Tom Yam. Untuk Tom Yam, SOP Thailand yang sebenarnya bercita rasa gurih, asem sedikit agak pedas, lantaran di Indonesia, Solo khususnya, ditambah rasa sedikit manis kuah berisikan cumi cumi, sawi putih, jamur kuping, seafood crosen atau olahan dan jagung. Kesemuanya dimasak dengan kuah bumbu saos rempah dan kuah bumbu udang. "Insyaallah.. .harga cukup terjangkau. Tom Yam berikut satu porsi bakso bakar 5 tusuk atau 15 biji, cukup Rp 25.000 saja."papar Kholiq berpromosi.

Untuk masalah rasa, baik Bakso Bakar atau Tom Yam, pembeli bisa memilih rasa manis, pedes mondo, pedes strong hingga pedes mampus. Sesuai dengan himbauan pemerintah untuk Pandemi seperti saat ini, Babe Qu memenuhi dengan suasana makan secara lesehan dan tetap menjaga protokoler kesehatan. Cuci tangan, masker dan sosial distancing serta physical distancing, menjaga jarak pengunjung satu dengan lainnya. "Kalau tidak mau antre, tinggal makan atau dibawa pulang bisa lewat online WhatsApp 081393390290. Datang pesanan sudah siap," tawar Kholiq kembali berpromosi. # V1C/ Yan 1.


Abdul Kholiq membuka kedai kulinernya dari Maghrib, pukul 17.30 WIB hingga pukul 23.30. WIB. Foto : Yan 1.
-----081325995968-----

Thanks for reading Tom Yam Dipadu Bakso Bakar Solusi Tubuh Bugar Dan Tidak Melebar | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS