Di Saat-saat Pandemi Kembali Srikandi Purwosari Beraksi

Juli 06, 2020
Senin, 06 Juli 2020

Srikandi Purwosari sejenak melepas lelah di depan Loji Gandrung, rumah dinas Walikota Surakarta FX Rudy Hadyatmo. Usai patroli bersepeda. Foto : D 5R1
-------------------------------------------------------------GUGAT86.SURAKARTA. Malam itu, Sabtu (4/7/2020), suasana Kampung Kalurahan Purwosari, Laweyan, Solo, tidak seperti biasanya. Adem ayem tenteram, tenang suasana warganya, tidak ada suatupun kejadian yang cukup menonjol. Hanya saja saat itu, Sabtu malam atau biasa disebut Malem Minggu, mendadak warga seluruh kampung Purwosari yang biasa bergerombol, ngerumpi di Malem Minggu dibuat terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Purwosari. Ibu Lurah Suharti SH bersama tim Srikandi nya. " Kami hanya silaturahmi saja kepada warga, sekalian mengingatkan DO MANUTO maskeran yooo....!"tutur Bu Lurah Suharti di depan warga yang bergerombol.

Dikatakan Lurah Suharti, setelah beberapa waktu lalu berhasil menggalakkan kegiatan Siskamling di saat Pandemi Covid-19, bersama tim Srikandi nya, ronda keliling kampung. Untuk kali ini berangkat dari rasa keprihatinannya akan dampak Wabah Virus Corona (Covid-19) yang tidak pernah bisa diketahui kapan berakhirnya, kembali dirinya merasa memiliki kewajiban kudu rajin menegur sekaligus pencerahan terhadap warga yang dicintainya. " Kami datangi kerumunan, kita beri pengarahan akan dampak bahayanya Corona dengan cara persuasif. Layaknya orang tua kepada putra putrinya,"jelas Suharti SH, sambil tersenyum.

Masih menurut penuturan Suharti SH, kunjungan ke kampung kampung yang dulu dimulai dengan Siskamling ibu ibu mider kampung, kali ini lain. Disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang kini tengah maraknya bersepeda. Ya, dari tim Srikandi Purwosari turut menyesuaikan, ngider kampung "ngonthel" silaturahmi sambil pemaparan perlunya melawan Virus Corona. " Selalu bersih, menjaga kesehatan setiap hari. Dari kebiasaan seringnya cucu tangan, bisa dengan sabun atau handsanitizer, bermasker setiap keluar rumah, menjaga jarak, saat sosial distancing atau physical distancing dimana pun berada," tegas Bu Lurah Suharti SH.


Usai Siskamling bersepeda sekaligus penyuluhan masker, Srikandi Purwosari pun sowan melaporkan hasil kinerjanya ke Loji Gandrung. Foto : D 5R1.
---------------------------------------------------------------Start dimulai dari depan Kantor kelurahan Purwosari sekitar pukul 20.00 yang diakhiri di depan Loji Gandrung pada pukul 22.30 WIB, tidak kurang menempuh jarak puluhan kilometer. Hanya saja, tidak seperti Go Wees pada umumnya. Puluhan kilometer ditempuh hanya dengan beberapa jam saja, lain halnya dengan Go Wess nya Srikandi Purwosari. Lebih banyak istirahatnya daripada mengayuh sepedanya. Pasalnya, begitu dilihat banyak kerumunan orang, Srikandi Purwosari menghampiri sekaligus memberikan penyuluhan arti pentingnya bermasker guna melawan Corona. " Bagi yang belum memiliki masker, saat itu kami berikan untuk segera dipakai,"tandas Bu Lurah Suharti SH serius.

Diharapkan, lanjut Bu Lurah Suharti SH, dengan kegiatan yang dilakukan mereka para Srikandi Purwosari, bisa menjadikan suri tauladan bagi Kalurahan lainnya di Kota Solo, untuk sekaligus menirunya. Akan halnya warga Kalurahan Purwosari, bisa menerima niat baik dari kegiatan ibu ibu penggerak PKK ini. Setidaknya, bisa melakukan apa yang menjadi saran nasihat Srikandi Purwosari sesuai dengan protokoler kesehatan yang dihimbaukan pemerintah. "Alhamdulillah... kedatangan Srikandi Purwosari untuk membubarkan kerumunan massa sekaligus penyuluhan Corona dan membagikan masker, disambut baik semua warga Purwosari yang telah kami sambangi," ungkap Bu Lurah Suharti SH, bangga. # F1Q/Yan1.

                -----081325995968-----


Thanks for reading Di Saat-saat Pandemi Kembali Srikandi Purwosari Beraksi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS