Toko Bahan Kimia BRATACHEM Terbakar

Juli 16, 2020
Kamis, 16 Juli 2020

Toko bahan bahan kimia BRATACHEM yang ada di Jalan dr Rajiman nomor 457 Bumi, Laweyan, Solo, terbakar. Foto : Yan 1.
---------------------------------------------------------------
GUGAT86.com. SURAKARTA. 
Malam itu, Rabu (15/7/ 2020),  sekitar pukul 18.45 WIB. Terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan Toko Bahan Kimia BRATACHEM yang ada di jalan dr. Rajiman No.457, Bumi, Laweyan, Solo. Peristiwa dimungkinkan adanya konsleting instalasi listrik sehingga terjadilah kebakaran yang tak bisa dicegah lagi.

Berdasarkan pemantauan GUGAT86.com di lapangan, mulai
 sekitar pukul 18.45 WIB, saat melintas didepan Toko Kimia BRATACHEM, melihat ada kepulan asap hitam legam dan ada suara ledakan dari bagian belakang Toko Kimia BRATACHEM.
 
Tak lama kemudian warga segera
melaporkan ke Polsek Laweyan yang diterima oleh Piket SPK Polsek Laweyan, AIPTU Suprapto yg kemudian meneruskan informasi tersebut ke Dinas PMK Surakarta dan Polresta Surakarta.
Saat itu juga, sekitar pukul 18.51 WIB, Piket Fungsi Polsek Laweyan disusul Piket Fungsi Polresta Ska tiba di Tempat Kejadian  Perkara ( TKP ) guna mengamankan area. Tak berselang lama, sekitar pukul 19.05 WIB, dinas PMK Surakarta tiba di lokasi kejadian sekaligus melaksanakan proses
  pemadaman, namun pintu belum dapat dibuka. 
-
 Barulah sekitar pukul 19.15 WIB, pintu gerbang dapat dibuka dengan kunci yang dibawa oleh Kepala toko Sadat Kadhafi. Sehingga segera saja bersamaan dengan itu semua mulai
Puku l.19.15 WIB Proses pemadaman dilaksanakan. Barulah pada pukul 20.15 WIB, api dapat dipadamkan dan dilanjutkan pendinginan TKP Kebakaran.

Tak disangka sebelumnya, kejadian mulai berdampak dari adanya kepulan asap berbahan kimia itu. Sehingga pada pukul 20.35 WIB Pada saat proses pendinginan dilaksanakan oleh Personil PMK Surakarta, sempat terjadi 6 personil PMK tersebut mengalami sesak nafas. Lantaran telah menghirup asap bahan kimia yang terbakar, selanjutnya diberikan penanganan medis dan bantuan oksigen.

 Didalam Toko Bahan Kimia BRATACHEM tersebut, terdapat bahan kimia yang mudah terbakar dan meledak. Diantaranya Klorin 5 ton, Metanol 1 ton, Asam HCL 400 Liter, Alkohol 1,5 Ton, Etanol 400 Lt.
 Api mulai dapat dipadamkan sekitar pukul.20.15 WIB, dengan menggunakan 10 Unit Mobil PMK Surakarta. Pos PMK yang dipergunakan, Kota Barat, Pos PMK Gading, Pos PMK Pedaringan.
Kerugian materil total belum dapat ditaksir. Untungnya, korban jiwa tidak ada. Hanya saja, hari ini, Kamis (16/7/2020) siang, kepulan asam masih belum sepenuhnya padam serta merta masih mengeluarkan bau asap menyengat. # V1N/ Yan 1.

---------081325995968------

Thanks for reading Toko Bahan Kimia BRATACHEM Terbakar | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS