Gibran Siap Jadikan Kampung Batik Laweyan Menjadi Destinasi Wisata

Agustus 16, 2020
Minggu, 16 Agustus 2020

 

 Gibran Rakabuming Raka berbincang akrab dengan tokoh pemuda Kampung Batik Laweyan KRHT Heru Cahyono. Foto : Achmad.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SURAKARTA. Sore itu, Sabtu (15/8/2020) sekitar pukul 15.30 WIB, nyaris hampir tidak ada sesuatu  pembicaraan berbau menjurus ke politik saat kunjungan silaturahmi sosialisasi Gibran Rakabuming Raka bersama Teguh Prakosa ke Kampung Batik Laweyan, Laweyan, Solo. Selain hanya membagikan ratusan buku tulis kepada anak anak yang ada di Kampung Batik Laweyan juga membagikan puluhan Sembako terhadap emak emak juga bapak yang ada di Ndalem Gondosuli.

Dalam kesempatan itu, di Ndalem Gondosuli, selain menikmati secangkir kopi susu khas rumah makan yang menjadi destinasi wisata di Kampung Batik Laweyan, Gibran sebutan akrab Gibran Rakabuming Raka justru menekankan pentingnya memenuhi himbauan pemerintah di saat Pandemi. Baik dari kebiasaan senantiasa menjaga kesehatan, selalu rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, bermasker saat hendak keluar rumah hingga kebiasaan menjaga jarak bila berada di manapun.

" Jaga kesehatan, rajin cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, selalu memakai masker sekalipun hanya keluar ke rumah tetangga, sekaligus selalu menjaga jarak dimanapun berada. Baik sosial distancing dan physical distancing. Ini salah satunya bagian hidup sehat di saat Pandemi Covid-19. Kalau tidak sehat, mana mungkin kita bisa menang memperoleh 80% ? Insyaallah...kalau kita selalu sehat, bisa menang dari 80% mungkin bisa lebih," tegas Gibran yang disambut tepukan meriah.

Calon Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka didampingi Calon Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa dan Owners, pemilik rumah makan Gondosuli Kampung Batik Laweyan, KRHT Heru Cahyono. Foto : Achmad.

---------------------------------------------------------------

Selesai memberikan buku dan bingkisan Sembako, meski tak bisa disembunyikan lagi wajah lelah putra sulung Presiden RI Ir H Joko Widodo usai sosialisasi di Kampung Sondakan dan Bumi itu, tetap dengan sikap santun dan ramahnya memenuhi apa yang menjadi banyak permintaan emak emak bahkan bapak bapak warga Kampung Batik Laweyan untuk foto bersama. Tidak mau kehilangan kesempatan, saat itu pula Kanjeng Heru, sapaan akrab KRHT Heru Cahyono, langsung meminta Gibran dan Teguh untuk beristirahat sejenak di ruang VIP Ndalem Gondosuli.

Diskusi Calon Walikota Surakarta dan Wakil Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa  bersama pemilik Ndalem Gondosuli, Kanjeng Heru, berjalan lancar, singkat dan padat. " Kampung Laweyan yang merupakan kampung tertua di Solo ini, akan kita kembalikan kepada ruh aslinya. Kota lama yang pastinya tidak akan merubah heritage nya. Pasar Kabangan kita bangun tingkat dua, untuk lahan parkirnya. Kita jadikan Kampung Laweyan menjadi destinasi wisata di samping Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat," janji Gibran yang juga diiyakan Teguh.

Kunjungan silaturahmi sosialisasi politik Gi-Guh diakhiri di rumah kediaman tokoh pemuda Kampung Batik Laweyan yang tengah sakit, Bambang Merak Manis, pengusaha batik yang berjuluk Batik Merak Manis. Saat itu pula, Teguh Prakosa juga tidak mau ketinggalan momentum yang tepat. Meski terbata bata lantaran kondisi sakitnya, Bambang pun menjawab, Siap! Manakala Teguh menyampaikan pesannya, jika Kampung Batik Laweyan "dipasrahkannya" kepada dirinya dan Kanjeng Heru.

Pokoknya siap dan beres, suara Bambang terputus putus sambil membuka masker pelindung mulut dan hidung di saat Pandemi Covid-19. Foto : Achmad.

---------------------------------------------------------------

Lagi lagi Gibran kudu berkenan memenuhi permintaan banyak pengunjung yang memenuhi sepanjang jalan Kampung Jagalan yang ada di bagian wilayah Kampung Batik Laweyan, apalagi kalau bukan foto bersama. Dengan penuh suka cita, tulus ikhlas sepenuhnya, Gibran pun tidak mau memperlihatkan rasa lelahnya. Tetap semuanya dilayani untuk melakukan pemotretan. Sebelum meninggalkan Kampung Batik Laweyan, kepada GUGAT86 com Gibran pun berjanji akan menjadikan Kampung Batik Laweyan merupakan destinasi wisata. # Achmad Yani.

 Dengan penuh kasih sayang, Gibran pun memberikan bingkisan buku tulis langsung dari tangannya. Sambil sesekali mengusap rambut anak anak, pertanda sayang. Foto : Achmad.

           -------081325995968-------      





Thanks for reading Gibran Siap Jadikan Kampung Batik Laweyan Menjadi Destinasi Wisata | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS