Hari Etika Timur Ditetapkan Di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Tepat 1 Syuro Djimakir 1954

Agustus 21, 2020
Jumat, 21 Agustus 2020

 

 Madame Astrid Sulastri Suntani SE selaku Deputi Presiden The Wordl Peace Commite untuk Indonesia serahkan Piagam Perdamaian kepada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Achmad Yani.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SURAKARTA. Suasana Kori Kamandoengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, sore itu Kamis (20/8/2020) tampak berbeda. Tidak seperti biasanya, pintu utama masuk ke dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang biasanya dijaga dua pengawal perajurit keraton, saat itu tidak tampak. Yang biasanya tampak lengang, sunyi dan hanya dua perajurit keraton senantiasa siap siaga, mendadak menjadi meriah.

Boleh jadi, hal itu semua tidak terlepas dari adanya kegiatan acara sakral, penetapan hari Kamis 1 Syuro Djimakir 1954 bertepatan dengan hari Kamis 20/8/2020 sebagai Hari Etika Timur. Penyerahan sekaligus pengesahan, ditandai langsung dengan dihaturkannya sertifikat sekaligus pengalungan samir dari Madame Astrid Sulastri Suntani SE kepada perwakilan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KPHAdp Herry Sosronagoro, turut mendampingi KPA Widodo Notohadinigrat.

Bukan tanpa alasan, bilamana Madame Astrid, panggilan karib Madame Astrid Sulastri Suntani SE, menetapkan 1 Syuro tahun ini sebagai Hari Etika Timur. Pasalnya, jangankan masyarakat negeri tercinta ini, Indonesia yang telah mengakui akan adanya peradaban budaya adiluhung itu dimulai dari Kota Solo. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, utamanya. " Matahari terbit mulai dari Timur, bukan dari Barat, apalagi Utara dan Selatan. Bahkan Yahudi pun mengakui itu semua. Sepertinya tidak salah, kalau Etika Timur kita mulai canangkan hari ini di Solo," tegas Madame Astrid, serius.

Usai menyerahkan piagam perdamaian, dilanjutkan Madame Astrid Sulastri Suntani SE, mengalungkan samir perdamaian kepada KPHAdp Herry Sosronagoro. Foto : Achmad.
---------------------------------------------------------------
Usai penyematan tanda penghargaan sekaligus penetapan hari Etika Timur, tiada sambutan layaknya Protokoler sebuah upacara, hanya saja ada pesan khusus di sampaikan Madame Astrid, selain ucapan rasa terima kasih kepada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang telah menerima kunjungannya dari Tim Deputi Presiden The Wordl Peace Commite untuk Indonesia. "Alhamdulillah...dan terimakasih kepada Keraton yang sudah menerima kunjungan silaturahmi ini sekaligus memberikan ijin untuk penetapan hari ini sebagai Hari Etika Timur. Salam kagem Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII,"ungkap Madame Astrid.

Dalam kesempatan itu, selaku wakil dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KPHAdp Herry Sosronagoro, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Madame Astrid Sulastri Suntani SE yang sudah mempercayakan keraton sebagai paku bumi sekaligus dengan ditetapkannya Hari 1 Syuro Djimakir 1954 sebagai Hari Etika Timur yang nantinya juga akan diperingati setiap tahun bersamaan dengan jatuhnya tanggal 1 Syuro. "Semoga kegiatan bertujuan baik ini, tidak hanya akan berhenti di sini saja, melainkan berkesinambungan," harap KPHAdp Herry Sosronagoro.


Usai pemberian sertifikat dan untaian Samir perdamaian, foto bersama di ruangan Kori Kamandoengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Achmad Yani.
---------------------------------------------------------------
Tiada jamuan, namun suasana sore itu di Kori Kamandoengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, tampak meriah. Selain ada beberapa wartawan, Tim Deputi Presiden The World Peace Commite untuk Indonesia baik Madame Astrid Sulastri Suntani SE dengan suaminya DR Djuyoto Suntani selaku Presiden The Wordl Peace Commite, tampak tertarik, tertegun mendengarkan uraian KPHAdp Herry Sosronagoro akan kemasyhuran Dinasti Keraton Mataram Islam Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. "Pastinya tidak salah lagi, jika Penetapan Hari Etika Timur dimulai dari Kori Kamandoengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini," papar KPHAdp Herry Sosronagoro. # Achmad Yani.

Ramah tamah yang cukup familiar diantara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan DR Djuyoto Suntani dan istri Madame Astrid Sulastri Suntani SE, akan kebesaran Dinasti Mataram Islam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
-----081325995968-------


Thanks for reading Hari Etika Timur Ditetapkan Di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Tepat 1 Syuro Djimakir 1954 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS