Ditengah Pandemi Covid-19 Seperti Saat Ini Pemkot Surakarta Segera Siapkan Sekolah Secara Tatap Muka

Oktober 10, 2020
Sabtu, 10 Oktober 2020

 


Pemkot Surakarta Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid – 19. Foto : D3DJ4R.
---------------------------------------------------------------
GUGAT86.com. SURAKARTA.
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) untuk sekolah – sekolah di Kota Surakarta pada masa Pandemi Covid – 19 sedang dipersiapkan secara matang oleh Pemerintah Kota Surakarta dengaan dikoordinasi oleh Gugus Tugas Covid – 19 Kota Surakarta.

Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo, Jumat (9/10/2020) di Bale Tawangarum, dalam Rapat Koordinasi Koordinasi Dan Paparan Rencana Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Satuan Pendidikan Dengan Tatap Muka Pada Masa Pandemi Oleh Dinas Pendidikan Kota Surakarta Kepada Satgas Covid 19 di Kota Surakarta, mengatakan, diperlukan persiapan matang, terencana dan terkoordinasi dengan baik dan kuncinya adalah komunikasi semua elemen.

Untuk mempersiapkan PTM, menurut Rudy harus dimulai dengan simulasi terlebih dahulu dengan melibatkan beberapa sekolah yang sudah siap dengan sarana dan prasarana belajar tatap muka new normal masa Pandemi Covid – 19.
 “Proses belajar mengajar sesuai protokol kesehatan kita mulai dengan simulasi dahulu selama seminggu untuk setengah kelas dan separuhnya seminggu kemudian. Ini untuk mencegah penyebaran virus Covid – 19,” kata Walikota.

Semua personil di sekolah termasuk guru dan semua karyawan, lanjut Rudy, lebih dulu harus di-Rapid Test sebelum dilakukan pembelajaran. Sterilisasi semua alat belajar mengajar diperlukan juga dengan penyemprotan desinfectan.

Kepala Dinas Pendidikan Ety Retnowati, SH, MH dalam paparannya menguraikan semua mekanisme yang akan ditempuh mulai dari sosialisasi simulasi diawali dengan meminta persetujuan orang tua murid untuk anaknya ikut dalam simulasi pembelajaran PTM. 

“Penyiapan sekolah dari semua segi kita lakukan antara lain dengan penyusunan kurikulum penyesuaian, pengaturan kelas belajar, pengaturan jam belajar, penyusunan protokol berangkat dan pulang sekolah, kantin dan akses PKL luar sekolah ditutup, panduan dan penyiapan CTPS di sekolah, thermo gun, penyemprotan desinfectan di lingkungan sekolah, bekal dan penyiapan kelengkapan pribadi sekolah ( APD, masker, face shield, hand sanitizer, sapu tangan pribadi ), bahan sosialisasi dan media informasi serta akses layanan kesehatan terdekat,” urainya.
Kepala Dinas Kesehatan dr. Siti Wahyuningsih mengatakan, pihaknya akan mengkoordinasikan kebutuhan untuk cairan hand sanitiser dan desinfectan untuk mendukung simulasi dan pelaksanaan PTM tersebut.

Sementara Dinas Perhubungan diminta Walikota menyediakan transportasi angkot feeder sebanyak 121 buah untuk penjemputan anak sekolah yang tidak bisa dijemput orangtuanya lantaran waktu pulang sekolah pada jam kerja. Angkot yang dipergunakan masimal bisa diisi 6 siswa dengan pengaturan tempat duduk. Sedangkan pengemudi serta asisten pengemudi bertanggungjawab terhadap protokol kesehatan sebelum siswa naik, di dalam mobil serta saat turun dari mobil. 

Diketahui, rakor diikuti semua unsur terkait dengan narsumber Walikota Surakarta, Sekda, Komandan Kodim 0735, Wakapolres serta Asisten Administrasi Umum Setda.# D3DJ4R/Yani.
                --------081325995968---------
::::::;;;:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19 ini bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 Utara Taman Sriwedari, Solo. www.makanku.co.id - Instagram : @makankureadymeal - YouTube : MakanKu ReadyMeal - WhatsApp 0811-6053-553
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


Thanks for reading Ditengah Pandemi Covid-19 Seperti Saat Ini Pemkot Surakarta Segera Siapkan Sekolah Secara Tatap Muka | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS