Silaturahmi Sekaligus Berbagi Di Saat Pandemi Dengan Jum'at Berkah

Oktober 19, 2020
Senin, 19 Oktober 2020


 Pos ronda yang tidak pernah sepi dari pengkais rejeki di saat Pandemi Covid-19. FOTO : Amin.
---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Sanggrahan, Makamhaji, Kartasura gang Benowo 3 tepatnya didepan masjid Istiqomah, ada tempat yang hanya beberapa meter luasnya dan bekas dari Pos Ronda, hampir bisa dipastikan lagi jika setiap hari Jumatnya tampak mereka para  ibu-ibu itu berkerumun. Layaknya antri membeli sayuran atau mendring, kreditan barang rumah tangga.  Ternyata di pos ronda itu memang ada lapak yang menyediakan beraneka sayuran , bumbu, makanan bahkan nasi bungkus. 

Mereka yang berkerumun itu ternyata bukan pembeli dagangan melainkan mereka hendak mengambil apa yang dibutuhkan dengan cara bebas memilihnya tanpa harus membayar alias gratis dari apa saja yang berada di lapak itu.Dari meja lapak tertempel dua lembar kertas bertuliskan “YANG BUTUH SILAHKAN MENGAMBIL SECUKUPNYA, YANG LEBIH SILAHKAN MENGISI”

Rupanya tulisan ini menarik buat siapa saja yang lewat, bahkan bapak-bapak habis solat Jumat di Masjid Istiqomah. rupanya ini kegiatan sosial warga setempat sebagai bentuk kepedulian sebagian Ibu-ibu PKK warga RT 01 Rw 20 yang didukung Karang Taruna Sekartaji terhadap situasi pandemi Covid 19. G

Gagasan ini muncul dari salah satu warga setempat, seorang Guru SD dan Aktifis Pramuka Kwarcab Surakarta,  Rini Kristinawati.yang saat itu pula langsung menceritakan pengalamannya memiliki gagasan, idenya yang  akhirnya memunculkan wujud kegiatan sosial, Jumat Berkah.

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Persembahan Makanku. www MakanKu.co.id

--------------------------------------------------------------

Sebagai pelatih pramuka, terang Rini, dirinya yang waktu itu membuat jemuran berbagi.Dijemuran yang di   ada barang –barangnya itu yang digantung kan hasil dari para sumbangan, donatur di saat Pandemi, relawan. "Kali pertama saya kesulitan cari dukungan untuk mewujudkan gagasan itu,  saya mulai dengan modal sendiri, hanya dengan uang Rp.50.000,- saya belikan sayuran lewat teman yang ada di Tawangmangu. Alhamdulillah jadi 20 bungkus."papar Rini, bangga. 

Mulailah kegiatan sosial ini, masih menurut penuturan Rini, mulailah diwujudka sekitar bulan Puasa 2020 dan  direspon oleh sebagian ibu-ibu PKK, diantaranya  Asih,  Narsi, Rumiayati, dan Ina."Alhamdulillah sekarang sumbangan barang untuk  Jumat Berkah ini mulai mengalir datang sendiri dan ibu ibu sudah berjalan mengrusi . “tandas Rini, semangat.

Makanku bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 Utara Taman Sriwedari Solo. www.makanku.co.id
---------------------------------------------------------------

Dalam kesempatan itu, Kristina menambahkan jika kegiatan ini mudah-mudahan bermanfaat untuk edukasi sosial bagi lingkungan khususnya para waga yang kelebihan rejeki bisa berbagi untuk lingkungannya setidaknya memberikan solusi berbagai permasalahan. # Taufik / Yan G1.

             -------081325995968-------





Thanks for reading Silaturahmi Sekaligus Berbagi Di Saat Pandemi Dengan Jum'at Berkah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS