Peringati Hari Pers, PWI Solo Gelar Berbagai Acara

Januari 28, 2021
Kamis, 28 Januari 2021


Peringati Hari Pers Nasional, Digelar Seminar Online hingga Gowes Wartawan. Foto : D34/D3DJ4R.
---------------------------------------------------------------
GUGAT news.com. SURAKARTA. Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Pebruari, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta bersama masyarakat pers lainnya akan menggelar sejumlah kegiatan. 
Selain mengikuti sejumlah rangkaian agenda kegiatan HPN yang digelar oleh Dewan Pers dan PWI Pusat, pengurus PWI Surakarta juga mengagendakan sejumlah kegiatan HPN di tingkat lokal atau daerah. 
Menurut Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan memperingati HPN yang digelar di Surakarta kali ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang tetap menjaga protokol kesehatan. 


Adapun beberapa acara yang digelar di antaranya talskhow sosialisasi tentang HPN yang menghadirkan pembicara Dirjen Informasi dan Kebijakan Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Prof Dr Widodo Muktiyo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 
Talkshow yang mengambil tema “Pers Sebagai Akselerator Perubahan” ini merupakan kerjasama Kemkominfo dengan TATV yang disupport oleh PWI Surakarta. Talkshow akan disiarkan secara langsung oleh TATV pada Sabtu, 30 Januari 2021 mulai pukul 16.30 dengan venue Monumen Pers Nasional (MPN) di Solo.
Selain itu, pengurus PWI Surakarta bersama MPN juga akan menggelar Tirakatan dan Sarasehan seputar dunia kewartawan dan media pada 8 Pebruari 2021 pukul 18.30 bertempat di Hall Monumen Pers Nasional. Tirakatan dan Sarasehan ini akan diikuti para wartawan baik yang muda dan wartawan senior. Turut diundang Walikota dan pejabat lainnya. 


Kegiatan lainnya adalah mengikuti acara puncak HPN secara nasional yang akan digear pada 9 Pebruari 2021 pada pukul 09.00. Acara ini adalah seremonial acara HPN yang diisi dengan pidato Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Bogor yang diikuti oleh seluruh warga PWI seluruh Indonesia dengan menggunakan aplikasi zoom. 

“Rencananya nanti pas acara puncak ini Pak Jokowi akan menyapa wartawan di daerah yang mengikuti acara menggunakan zoom, salah satu venue yang akan disapa adalah Kota Solo. Maka kami berharap temen-temen wartawan di Solo bisa hadir di Monumen Pers Nasional,” ungkap Anas Syahirul.
Sementara itu Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo menambahkan pihaknya juga turut memeriahkan rangkaian kegiatan HPN lainnya yakni dengan menggelar pameran pers. 
“Kali ini memerkan koleksi-koleksi terkait kongres wartawan Indonesia pada tahun 1946 di Gedung Sasana Soeka atau yang sekarang menjadi Monumen Pers Nasional (MPN),” ujarnya. Pameran ini digelar oleh MPN yang didukung oleh PWI Surakarta dan masyarakat pers lainnya. 


Agenda HPN ditutup dengan olah raga bareng para wartawan bersama para pimpinan daerah. Olah raga bareng ini diwujudkan dengan gowes bersama-sama menyusuri Kota Solo dengan start Monumen Pers Nasiona dan finish di kediaman Walikota Solo di Pucangsawit. 
“Sebenarnya masih ada rangkaian kegiatan lain misalnya peresmian warung media yang terletak di halaman MPN, lalu direncanakan seminar online tentang media yang mengambil tema Strategi Pers Lokal Menghadapi Pandemi Covid-19. Dan kegiatan lainnya,” tambah Widodo. 
Adapun Panitia Pusat HPN juga menggelar beragam kegiatan mulai dari seminar tentang media, konvensi media, dan beragam agenda lainnya.# D34/D3DJ4R/Yani G1.


Patuhilah apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19.


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. 0811 6053 553. Instagram  
@makankureadymeal dan YouTube MakanKu ReadyMeal.
              °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading Peringati Hari Pers, PWI Solo Gelar Berbagai Acara | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS